Iklan :

27 Agustus 2014

Experience Membuat Satu Differensiasi Pada Satu Produk


Sebelum Saya memulai posting diblog Saya, ingin rasanya memberikan apresiasi kepada produk yang dibuat oleh Telkom ini. Saya memang sangat tertarik dengan differensiasi yang dibuat oleh mereka. Sungguh memberikan satu pengalaman baru, dan sangat direkomendasi untuk dicoba. 

Beberapa waktu lalu kita sudah diberikan campaign lewat iklan mereka, baik dilayar kaca yang kita lihat maupun disosial media tentang fitur baru yang dimiliki oleh Telkom ini. Yup, benar sekali, namanya adalah Indi Home. 

Dimana kita bisa mendapatkan satu paket internet lengkap dengan fitur keamanan, telpon, TV, dll. Ini baru sebuah terobosan yang sangat keren untuk membuat pembeda dengan kompetitornya. Ketika Saya sangat merasakan dulu menggunakan layanan Internet dari Telkom, dimana pada saat itu masih menggunakan kuota, menurut saya sangat membosankan. 

Lalu dunia internet Indonesia melakukan eforia dikarenakan lahirnya sebuah layanan internet yang dinamakan dengan Unlimited Quota dimana fitur ini diberikan oleh First Media. Bukan cuma itu saja, Selain Unlimited, kita juga sebagai konsumen dimanjakan oleh fitur TV Cable yang diberikan oleh penyedia Jasa internet yang satu ini. 

Pada saat itu semua orang menanti-nanti wilayahnya bisa dipasangkan First Media karena memang ingin segera menikmati layanan internet tanpa ada Quota. Dan era itu adalah era dimana tenggelamnya Telkom Speddy karena memang tidak memiliki keunggulan dibandingkan dengan kompetitornya tersebut. 

Selain harga yang tidak bisa bersaing, fitur yang dimiliki oleh Telkom Speddy ini memang tidak lebih lengkap dari kompetitornya. 

Seperti merajai pasar dan bermain sendiri, First media dapat melakukan invansi kepada setiap wilayah sekalipun itu base dari Telkom sendiri. Berangsur-angsur para konsumen yang ada pada komplek saya pada saat itu akhirnya bergegas pindah kepada layanan internet yang satu ini, First Media. 

Ditahun ini khususnya, Speddy mencoba bangkit sepertinya dengan mengeluarkan fitur yang luar biasa jika menurut saya dengan Indi Homenya. Serasa jauh lebih lengkap, lebih kaya, dan yang terpenting kini mereka juga sudah menggunakan Unlimited Quota (karena udah gak jaman kali yah menggunakan quota-quotaan, tinggal di Handphone sama modem aja nih yang masih pakai quota). 

Inilah sebuah inovasi, inilah sebuah kompetisi dalam merebut hati pelanggan. Bisa sangat dirasakan, sepertinya memang Telkom ingin mengambil kembali konsumen mereka yang berpindah kelain hati untuk berpaling kepada dia (Telkom) lagi. 

Seru dan merupakan salah satu dari hobi saya mengamati sesuatu, khususnya pada bidang promosi, dari mulai cara sampai dengan inovasi-inovasi yang dibuat oleh sebuah produk maupun Perusahaan. Selanjutnya Kita akan melihat dari kompetitornya, apa yang akan mereka buat untuk menciptakan inovasi mereka agar dapat dipertahankan oleh konsumennya.

Kita lihat saja selanjutnya ..... 



Salam Kreatif, 



@rie fabian









Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.