Iklan :

15 Juli 2013

Membuat Efek Sket Pensil Pada Photoshop


Sket Pensil tiba-tiba saya kefikiran tema itu untuk tutorial Photoshop diblog saya untuk malam ini (malam apa pagi yah ini ?). Jadi kita bisa membuat foto kita menjadi sket pensil, menarik bukan ?
Buat Anda yang ingin mencobanya, bisa Anda baca tutorial yang saya buat pada Angelina Sondakh eh salah kebanyakan nonton berita jadi inget nama itu terus, Angelina Jolie. Yuk simak dan ikuti, kalau bisa Anda juga membuka Software Adobe Photoshop Anda biar makin seru.


Oh iya pertama-tama saya ingin memberi tahu terlebih dahulu, bahwa saya mengerjakan ini menggunakan Software Adobe Photoshop CS 5. Bisa juga Anda menggunakan Software Adobe Cs3 ataupun 4 hanya saja ada beberapa fungsi yang tidak sama nantinya. 

Coba kita ikuti langkah berikut ini : 


Buka gambar Angelina Jolienya, buat yang mau mencobanya Anda bisa mengunduhnya disini : 


Langsung View image dan save saja kok, mudahkan ? 


Tahap pertama duplikat Layer background. 


Lalu buka Images > Adjustments > Black & Whites


Atur agar komposisi warna terang dan gelap seimbang. Jika pada tutorial sebelumnya yang sudah Anda lihat meminta Anda untuk menghapus backgroundnya, pada tutorial saya kali ini tidak usah menghapus background. Yang penting komposisi terang gelap pada gambar seimbang yang berarti gambar jangan terlalu gelap dan jangan terlalu terang. 

Itu dikarenakan gambar akan kita invers setelah proses black & white ini selesai. Jika kita melihat pada gambar Angelina Jolie ini memiliki banyak warna coklat yang berarti Anda bisa mengatur pada bagian merah, kuning dan hijau.
 

Setelah selesai kita buat menjadi b/w (black and white), maka langkah selanjutnya mengcopy layer gambar yang sudah kita jadikan b/w tersebut.


Seperti yang saya bilang tadi, maka sekarang saatnya kita menginvers gambar. Proses invert ini adalah proses menegatifkan gambar (yang terang jadi gelap dan yang gelap menjadi terang).


Lalu kita buat pada layer style > Color Dodge


Wow .... kenapa artworknya menjadi putih ?
Tenang itu bagian dari ritualnya kok. 


Sekarang Anda masuk ke filter > blur > Gausian Blur. 


Tuh ... Apa saya bilang .....
Atur radius pada gausian blur sesuai dengan selera Anda. Jika ingin mengikuti saya, Anda bisa melihat settingan yang saya buat. 


 Setelah itu gabungkan layer pertama dengan dibawahnya.


Lalu masuk ke Adjustment yang ada pada sebelah kanan, dan bukalah tab level. Atur seperti settingan saya dibawah, atau Anda bisa membuat sesuai dengan selera Anda. 




Lalu setelah itu Anda bisa menggunakan Adjustment > Curve dan mengatur Graphic untuk menebalkan bagian yang masih tipis menurut Anda. 


Sebelum Anda membuat sebuah Design pastikan Anda memang fun membuat design tersebut, karena dengan begitu maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Karena saya sering mendapat pelajaran pada saat kecil, hal apapun yang dilakukan tidak berdasarkan kesenangan kita maka hasilnya tidak akan maksimal. 

Terima kasih sudah membaca tulisan pada blog saya kali ini. 



*Content Screenshoot milik Arie fabian do not copy



Salam Kreatif, 



@rie fabian -
www.fabianstudio.biz




Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. cara gabungkan layer gmn ya?
    sorry newbie

    BalasHapus
  2. Pilih layer mana aja yang ingin digabung
    Tekang ctrl + E


    @rie fabian
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.