Iklan :

4 Juni 2013

Membuat Bola Dunia 3D Dengan Photoshop


Pengen tahu caranya membuat bola dunia gambar Fabian Studio diatas, setelah membaca blog saya maka Anda akan bisa membuat bola dunia tersebut dengan menggunakan Software Adobe Photoshop Anda. Software Adobe Photoshop yang saya gunakan adalah Adobe Photoshop CS 5, maka buat yang ingin mengikuti ada syarat software minimal, yaitu Software Adobe Photoshop CS 5. 



Pertama-tama buka layar photoshop Anda dengan ukuran seperti yang saya buat, 1280 x 768 pixel. Lalu Anda bisa mengunduh gambar Map dari link 4 Sharred saya. 


Maka selanjutnya Anda bisa membuka pada Photoshop Anda. Lalu pindahkan gambar tersebut kedalam canvas yang sudah kita buat. dan perbesarlah ... 



Selanjutnya .... 



Maka Anda sudah mendapatkan bentuk dasar dari 3D sebuah bola dunia. Lalu gambar yang didalam bisa Anda putar-putar dengan cara : 


Geserlah sesuai dengan keinginan Anda. 





Ubah intensity pada semua Infinity Light menjadi = 1. 



Masuk pada Sphere material, lalu pada bagian bumper load bumper. Gambar bumper bisa Anda unduh disini : 


Fungsi bumper adalah untuk memberi kesan keluar atau efek 3 Dimensi pada bola dunia.Coba silahkan Anda coba untuk melihat perbedaan antara menggunakan bumper dan tidak menggunakan bumper. 

Pada bagian Selanjutnya, Anda bisa meload texture pada bagian Environment.



Dengan menambahkan environment, maka gambar akan terlihat memiliki awan dan memberi efek lebih untuk kesan 3 dimensinya. 

Sekarang Anda tinggal buat bayangan untuk bola dunia pada bagian bawah dengan cara membuat lingkaran dan diletakkan dibagian bawah. 



Setelah itu Anda bisa menambahkan efek blur pada bayangan hitam yang ada dibawah. Kali ini saya menggunakan Filter > Blur > Gausian Blur dengan nilai 41.5 pixel.


Sekarang tinggal membuat warna pada background, untuk sesi ini saya menggunakan warna gradasi untuk memberi kesan lebih pada gambar 3 Dimensinya. 

Hasil Akhir

Sekarang tinggal Anda mencobanya .... 





Salam Kreatif, 



@rie fabian -

















Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.