Iklan :

12 Mei 2013

Tentang Citilink



Sebuah Perusahaan yang bergrak dibidang Jasa Transportasi di Indonesia ini memang banyak keunggulannya. Dengan membawa predikat "Anak Perusahaan Garuda" jelas Perusahaan ini punya view sendiri dikalangan para konsumennya. Kebetulan sekali saya juga sering menggunakan Jasa Transportasi ini, khususnya pesawat. Termasuk istri saya yang memiliki member card yang diberikan dari pihak citilink sendiri. 


Dan beberapa kawan saya menanyakan hal yang selalu berulang kepada saya, bagaimana cara membayarkan tagihan yang harus kita bayar pada saat kita sudah booking tiket di citilink ? 

Pada saat itu saya memang sering sekali pesan tiket dengan menggunakan member card istri saya. Dan pada saat itu saya sudah lupa bagaimana cara membayarkannya. Lalu sore tadi saya ingin memesankan tiket untuk mertua saya untuk bertolak dari Jakarta ke Jogjakarta. 

Lalu istri saya memesankan tiketnya menuju ke Jogjakarta. Lalu setelah selesai terbooking saya diminta untuk melakukan transfer uang guna untuk pembayaran tiket yang sudah berhasil dibooking. Lalu giliran saya yang bertanya, bagaimana cara membayarnya ? 

Langsung aja ke ATM ada di menu pembayaran, setidaknya kata istri saya kepada saya. 

Lalu saya langsung meluncur menuju ATM untuk mencoba melakukan pembayaran. Di Form booking yang sudah berhasil dilakukan ada No refrensi dan dan nomer konfirmasi. Saya masuk ke menu pembayaran > Pemesanan tiket / Voucher > Garuda. 

Disana ada pilihan masukkan nomer refrensi dan saya masukkan nomer refrensi yang ada pada konfirmasi booking saya. Ternyata tidak bisa. Lalu saya kembali lagi kerumah untuk mencoba mencari cara pembayarannya di official websitenya, ternyata tidak ada. 

Di FAQ nya bahkan saya mencari bahasan cara pembayaran ini ada penjelasannya. Maka saya berfikir, kok bisa yah ??? 

Bukankah ini sebuah informasi penting yang harusnya mereka sajikan kepada konsumennya sebagai panduan cara pembayarannya ? 

Kenapa disana detil tentang penerbangan untuk ibu - ibu hamil saja ada, tapi masalah pembayaran tidak dijelaskan. 

Akhirnya saya mencoba menelpon ke Call Center mereka, dengan nomer yang telah diberikan di official websitenya. Lalu mereka pun menjelaskan. Dan cara itu lagi - lagi tidak simple alias agak ribet. 

1. Kita pergi ke atm 
2. Kita lakukan perintah transfer 
3. Transfer lain bank 
4. Ketik kode itu 013 
5. Masukkan jumlah yang harus ditransfer 
6. Masukkan angka 8990 (nomer refrensi)
7. Disana akan tertera salah satu nama dari penumpang yang akan kita pesan
8. Selesai

7 langkah tersebut pasti bisa menjadi alasan kenapa itu harus dijelaskan di FAQ, dimana itu jelas tidak mudah dihafalkan oleh orang apalagi pelanggan baru. Saya sangat senang dengan pelayanan call center yang memang ramah dalam menjelaskan. 

Setelah itu kita harus konfirmasi untuk minta dikirimkan tiket kepada kita lewat email yang kita kirimkan pada saat booking sebelumnya. 

Dan maka kita sudah bisa memegang tiket yang sudah ada ditangan kita dalam bentuk print out. Memang cukup mudah dan cukup mempersingkat proses. Nantinya kita bisa langsung menuju terminal 1C untuk mengkonfirmasi tiket yang kita print untuk kita tukarkan kepada tiket aslinya. 

Semoga mereka terus bisa menjadi Jasa transportasi yang terbaik dengan pelayanannya, dan saya memang berharap mereka bisa menuliskan atau mempermudah cara pembayarannya pada saat kita sudah melewati proses booking untuk keberangkatan kita.




Salam Kreatif, 




@rie fabian -



















0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.