Iklan :

25 Februari 2013

Raster Logo Dengan Adobe Ilustrator


Raster Logo, jika kita ingin membuat sebuah komposisi design untuk event biasanya kita sering sekali tidak mendapatkan logo dari sponsor. Alhasil kita biasanya mencari di Internet dan jika logo itu sudah berbentuk vektor maka sudah tidak ada masalah lagi buat hidup kita, akan tetapi jika logo yang kita dapat masih dalam bentuk Jpeg dan kita ingin memperbesar logo, maka kita harus menggunakan teknik rasterize. 


Kali ini saya ingin mencoba memberikan tutorial membuat raster pada logo dengan menggunakan Adobe Ilustrator. Ini adalah satu teknik yang termudah yang bisa Anda lakukan ditempat Anda sendiri. 

Mari sekarang kita buka Adobe Ilustrator Anda, lalu buatlah file berukuran seperti dibawah ini : 


Sekarang Anda bisa lihat gambar yang akan Anda jadikan acuan, dalam kasus ini saya menggunakan logo motor Honda yang saya jadikan contoh. 


Dalam hal ini saya biasa mencari refrensi logo yang sudah ada pada internet. Lalu saya save jadi Jpg dan saya kembali lagi kedalam Adobe Ilustrator saya. 


Ambil file logo yang ingin di raster pada software Adobe Ilustrator dengan menggunakan File > Place. Place ini memang memiliki fungsi seperti import pada software lainnya. 


Bilamana sudah terbuka, maka saatnya Anda mulai meraster logo yang akan Anda buat. Select gambar logo dan langsung buka option Live trace. 


Dalam optional live trace ini memiliki banyak pilihan. Kali ini saya memilih pilihan technical drawing untuk membuat raster pada logo saya kali ini. 


Sekarang kita sudah mendapatkan logo yang ter outline. Sekarang kita tinggal klik expand. Setelah kita klik expand maka kita sudah dapat logo yang berbentuk outline saja. Cara mewarnai outline tersebut : 



Pilih icon panah yang berwarna putih, pada step pertama kita akan mewarnai logo symbolnya terlebih dahulu. Maka select logo symbol tersebut dari atas sampai bawah, jangan sampai terkena logo text nya yah. 


Lalu ganti warnanya menjadi warna merah, jika memang sudah kita memilih warna merah dan jadinya abu - abu, maka kita bisa lihat indikator disebelah kanan, dan langsung memilih tanda panah disebelah kanannya dan mengganti dengan RGB. 



Maka sudah berganti berwarna merah sekarang bukan ? 

Untuk mengganti logo textnya hampir sama caranya seperti kita lakukan seperti kita mengganti warna logo symbol diatas. 


Jika terjadi seperti ini, maka Anda bisa mengganti lingkaran dalam dengan warna putih dengan cara mengganti warna merahnya. 


Nah sekarang Anda sudah memiliki logo Honda yang telah di raster. Jika sudah seperti ini Anda sudah bisa memperbesar logo sebesar apapun. 




Salam Kreatif, 




@rie fabian -








0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.