Iklan :

27 Februari 2013

Membuat Poster Film Horor


Selamat pagi kawan - kawan .... inspirasi membuat poster film horor ini bukan semata - mata saya mimpi buruk loh tadi malam. Bagaimana caranya mimpi yah, kalau tidur aja belum, he he he .... 
Jadi begitu sedang membuat design untuk client Fabian tadi malam, saya jadi ingin rasanya membuat sebuah poster film untuk horor. Karena terus terang kalau ini project juga agak ogah sih bikinnya, karena sampai takut sendiri nantinya, ha ha ha ha ... coba disimak yuk .... 


Poster film kali ini saya buat menggunakan software Adobe Photoshop. Adapun materi bahan - bahan yang saya gunakan semuanya dari google image ... 


Kertas diatas nantinya akan menjadi dasaran  dari design poster yang kita buat nantinya. Adapun gambar rumah dibawah sebagai penguat jadi judul. Karena yang poster film yang kita buat berjudul Haunted House.



Nah gambar diatas adalah aktor utamanya, he he he ... maaf yah Bapak siapapun ini, karena fotonya kita akan gunakan sebagai design poster film kali ini. 

Hasil Jadinya

Buat yang ingin mengetahui cara membuatnya maka Anda bisa simak tutorial pada postingan saya kali ini. 


Pertama - tama buka dokumen baru dengan ukuran seperti diatas. Gunakan Web pada preset dan ukurannya 1024 x 768 pixel. Untuk resolusinya gunakan 72 pixel / inch 


Lalu setelah itu kita rotate dokumen yang kita buat tadi dengan menggunakan image > image rotate > 90 cw. Maka Anda akan mendapatkan sebuah Artwork yang akan kita gunakan untuk membuat poster film horor. 


Masukkan gambar bapak yang sedang melotot tadi, jika Anda malas mendownloadnya, maka Anda bisa tinggal save as gambar saya diatas. Lalu setelah itu masuk ke image > gradient map dan ikuti gambar dibawah untuk variabelnya. 


Pilih warna hitam putih untuk pilihan gradientnya, lalu seretlah slidder pada bagian hitam dan putih sesuai dengan gambar dibawah. 


Setelah itu setting dengan menggunakan level, variabelnya sebagai berikut : 


Variabel Level

Setelah kita membuat levelnya, maka sekarang kita akan mem posterize gambar si Bapak tadi dengan menggunakan Adjustment > Posterize. 


Lalu buat variabel pada posterize sebagai berikut :



Setelah gambar selesai di posterize, maka sekarang kita akan memberikan gradient map kembali dengan pilihan warna merah dan hitam.  Maka sekarang kita bisa lihat gambar si Bapak sudah berwarna merah sekarang.


Lalu hilangkan gambar si Bapak dengan cara klik gambar mata yang ada disebelah kanan Anda. Karena kita sekarang akan meletakkan gambar dasar, yaitu gambar kertas yang sudah kita siapkan.

Masukkan gambar kertas dan gunakan level untuk menyamakan hitam pada background. Ini mempunyai maksud agar gambar kertas berwarna hitam ini bisa memiliki warna yang pekat.

 

Atur posisi kertas pada artwork kita, paskan bagian kertasnya hingga seperti gambar dibawah :


Jika memang gambar kurang pekat maka Anda bisa menggunakan level kembali.


Gunakan brush untuk menghapus gambar si Bapak pada bagian bawah. Jika Anda belum memiliki brush pada koleksi saya, maka Anda bisa mengunduhnya dihalaman pluggin blog saya.



Sekarang kita akan memasukkan font, karena sebenarnya saya tidak menyukai style font horor maka saya harus mendownloadnya dari internet. Website font andalan saya adalah www.dafont.com, disana Anda bisa mencari font horor kesukaan Anda. Karena gratis jadi font - fontnya juga masih sangat terbatas untuk style horor nya.

Setelah mendownload, sekarang kita bisa mengetikkan judul pada poster yang akan kita buat. Ketikkan "Haunted House", warna merah adalah warna saya pilih pertama kali, karena selanjutnya saya akan mengubahnya di layer style.


Sebelum saya mengedit font, maka saya akan memasukkan gambar rumah terlebih dahulu. Oh iya, untuk gambar mata yang tadi dihilangkan sekarang kita bisa hidupkan kembali. Masukkan gambar rumah yang ada diatas.


Lalu setelah itu, letakkan gambar rumah dibagian kiri atas. Putar bagian rumah dengan menghadap kesebelah kiri. 


Gunakan edit > transform > flip horizontal 

Lalu Anda bisa menghapus bagian rumah yang menutupi muka si Bapak. Kali ini saya menggunakan lasso tool untuk menghapus rumah yang menutupi muka si Bapak. 


Setelah kita menghapus beberapa bagian yang menutupi muka si Bapak, maka kita perlu lakukan gradient dengan menggunakan hitam putih pada gambar rumah. Lalu kita bisa atur gelap terang pada gambar rumah dengan menggunakan level. Buatlah segelap mungkin untuk mendapatkan kesan mencekamnya.

Lalu barulah kita edit font yang kita gunakan sebagai judul. Masuk kedalam layer tulisan yang kita buat tadi dan gunakan layer style. 




Settingan warna gradient Overlay :



Settingan Bevel dan emboss :


Lalu simpanlah settingan tadi untuk kita gunakan di kata kedua "House"


Nah sekarang Anda bisa mengambil hasil style yang disimpan pada jendela style untuk kita berikan kepada kata House.


Maka sekarang kita akan mendapatkan hasil akhir yang sama persis dengan yang saya buat. Jika Anda memiliki pertanyaan atas tutorial ini, silahkan Anda komentar dibawah postingan saya ini, nanti saya akan membalasnya lewat komentar juga nantinya. 


Silahkan mencoba ....





Salam Kreatif,



@rie fabian -
www.fabianstudio.biz

















Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. makasih mas buat tutornya .

    BalasHapus
  2. Sama - sama mas ...
    Halaman web Anda juga keren kok mas.

    Jangan lelah berbagi yah mbah ..


    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.