Iklan :

14 Februari 2013

Digital Painting


Kalau dulu kita sering menyebutnya sebuah lukisan, adalah sebuah karya yang dilukis oleh pelukisnya untuk sebuah pesanan ataupun untuk dipamerkan. Kali ini saya ingin membahas digital Painting. Jika Anda lihat beberapa gambar dibawah nanti, itu semua bukan foto atau gambar yang dihasilkan oleh kamera. 


Melainkan gambar ini dilukis menggunakan software. Adobe Photoshop merupakan salah satu software pembuat dari digital Painting. Jika  kita melihat hasilnya, semua hampir mendekati ketitik real. Ada beberapa foto yang bisa kita tebak itu memang seperti lukisan. 


Kalau pelukis menggunakan canvas sebagai media dari lukisannya, dan cat air, minyak, ataupun lainnya sebagai tools dari melukisnya, untuk digital painting ini menggunakan wacom sebagai toolsnya dan canvas pada software seperti Adobe Photoshop sebagai medianya. 


Kita bisa melihat diatas, bagaimana seorang digital painting artist bekerja. Mereka melukisnya dengan menggunakan Pen tool yang disediakan oleh alat yang bernama Wacom.


Hampir bisa dipastikan, jika kita pernah nongkrong dengan pelukis seperti yang saya temui didaerah pasar baru, Jakarta ataupun sekitaran Pasar Pagi, Jakarta, maka saya membandingkan peralatan digital painting artis ini lebih sedikit. Kita akan mendapati banyak cat yang digunakan oleh pelukis tradisional, jika dengan digital painting artist ini tidak akan ada cat sama sekali. 

Untuk hasil sendiripun Digital Painting Artis tidak kalah menariknya. Untuk mempelajari digital painting ini kita memang harus memiliki dasar melukis. Jadi secara logika melukisnya baik yang tradisional maupun yang digital sama - sama memiliki dasar dalam pembuatan, yaitu melukis. 





Maka bisa dibayangkan jika memang seseorang ingin menekuni bidang digital painting ini, maka hal yang pertama kali dia lakukan adalah mempelajari cara melukis diatas canvas. Kita lihat beberapa hasil diatas yang saya ambil dari om Google, hampir mirip dengan lukisan bukan ? 







Namun agak disayangkan di Indonesia sendiri industri imaging yang seperti ini memang belum banyak dilirik baik oleh kreator maupun peminatnya. Hasil yang dibuat menggunakan komputer seperti memiliki perbedaan harga yang sangat drastis dari manual. Banyak para konsumen memandang jika itu dilakukan oleh digital maka proses pengerjaannya akan jauh lebih mudah. 

Padahal walaupun dengan peralatan yang sedikit (sedikit agak mahal maksudnya) akan tetapi proses pengerjaan tidak sama dengan membuat layout design seperti biasanya. Ini memang memerlukan beberapa ketrampilan khusus selain ilmu melukis. 

Saya sempat menemui beberapa ilustrator ataupun Digital Painting Artist, dan pekerjaan tetapnya bukanlah Digital Painting Artist. Dia lebih senang disebut designer, ilustrator dibandingkan dengan Digital Painting Artist. Karena memang permintaan pesanan ini memang tidak sebanyak diluar sana. 


Buat Anda yang senang melukis tidak ada salahnya mencoba membuat sebuah karya digital yang bernama digital Painting ini. Anda bisa mencobanya dengan menggunakan software - software pengolah gambar yang Anda senangi. Karena Adobe Photoshop memang bukan  satu - satunya software dari pengolah gambar digital. Hanya saja saya lebih sering menggunakan sofwatre tersebut dibandingkan dengan yang lainnya. 


Ingin mencobanya ? 




Salam Kreatif, 



@rie fabian -








Reaksi Tulisan :

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.