Iklan :

29 Januari 2013

Mampu Mengarahkan Persepsi


Selera makan kita menjadi tergugah ketika kita melihat sebuah menu yang memiliki tampilan visual yang baik. Itu kenapa saya masih yakin, bahwa pembuatan visual yang baik dapat mengarahkan persepsi pada orang yang melihatnya. 

Sekedar bagus akan menjadi tampilan yang relatif, karena sebuah visual tidak ada yang buruk. Tapi sebagai penyampai pesan, sebuah visual harus bisa berkomunikasi dengan orang yang akan Anda tuju.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka tampilan sebuah visual semakin unpredictable. Kita mulai terganggu ketika kita melihat betapa real nya sebuah design padahal itu cuma sebuah implementasi software. Dimana kita melihat gedung 3 dimensi yang runtuh sampat ketitik detilnya, orang yang terkena Nuklir hancur berkeping - keping, dan film kartun yang sudah mendekati aslinya. 

Bahkan yang lebih menariknya lagi, kini beberapa bintang hanya diminta mengisi suara dan film itu dibuat menggunakan animasi full berdurasi 120 menit. Hebat bukan ?, mungkin para designer masih menganggap ini cuma sekedar software yang canggih, tapi para penikmat visual menganggap ini semakin sempurna. 


Mengembangkan imajinasi memang pekerjaan ekstra bagi para pembuat visual. Konsep yang kuat dan hasil compositing yang baik masih banyak ditunggu oleh para penikmat visual ataupun para pemilik usaha. Dan memang sudah seharusnya pula kita tidak perlu merisaukan semakin kecilnya peluang pada industri visual, karena semakin hari saya melihat akan semakin bertambah para penikmatnya. 



Makanya saya selalu mengatakan, apapun software Anda itu tidak menjamin sebuah hasil yang maksimal, selama Anda tidak menggali imajinasi dan konsep Anda. Itu terbukti dengan banyaknya designer karbitan yang berani muncul dengan satu dua konsep lalu mereka mengatakan susah berkompetisi didunia visual atau Graphic Design di Indonesia. 


Sebenarnya gak gitu juga kayaknya, buktinya saya masih saja ada pesanan. Dan Fabian Studio masih dapat bertahan minimal sampai 1 tahun kedepan. Maka tugas tahun ini adalah mencari dana untuk tahun kedua dan ketiga. 

Karena buat saya yang paling terpenting berani menyampaikan ekspresi dan mampu berkomunikasi. Itu saja cukup untuk terus menekuni dunia Graphic Design ini. 




Salam Kreatif, 



@rie fabian -






Reaksi Tulisan :

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.