Iklan :

14 Januari 2013

10 Tips Untuk Membuat Stationery Bisnis


Senin Pagi, semangat baru untuk beraktifitas. Tidak terasa sudah hampir satu bulan saya menempati rumah baru ini. Stationery Bisnis, banyak orang yang terkadang lupa kalau memang ini merupakan perwakilan perusahaan yang datang menyambangi rekanan Perusahaan Anda, calon konsumen Perusahaan Anda, dan siapapun yang akan Anda berikan nanti kedepan. 

Dimana setiap kartu nama yang tersimpan didompet saya jika saya ingin kembali melihat maka yang paling cepat saya mengerti adalah kartu nama yang memang memiliki design yang representatif dengan usahanya. Itu menjelaskan bahwa pentingnya sebuah perencanaan design dalam pembentukan Stationery bisnis Anda sangat berpengaruh banyak bagi orang yang akan menerimanya.

Bagaimana cara membuat sebuah Stationary Bisnis untuk perusahaan Anda agar dapat representatif didepan orang-orang yang sangat penting bagi perusahaan Anda, yuk coba ikuti 10 tips membuat Stationery Bisnis untuk Perusahaan Anda. 

1.PERWAKILAN PERUSAHAAN ANDA

Seperti Saya sebutkan diatas, dimana sebuah Stationery bisnis merupakan perwakilan perusahaan Anda, maka sangat disarankan buatlah sebuah Design dengan branding konsep, sehingga itu dapat mudah dicirikan, dan cepat dikenali.  

Jika Anda membuka kartu nama seorang pegawai Bank, lalu terselip didalam dompet Anda. Lalu Anda melihat - lihat kembali seluruh kartu nama didalam dompet Anda, maka Anda tidak akan tertukar walaupun Warna Korporat dari Bank itu sama. Itulah fungsinya Design Branding. Semakin cepat Anda dikenali oleh konsumen Anda maka semakin baik peluang posisi Anda untuk dihubungi oleh Client Anda. 


2. KONSISTENSI 

Selalu konsisten dalam bentuk dan warna yang sudah ditetapkan oleh konsultan Designer Anda. Jika memang ingin ada perubahan bentuk karena berkembangnya perusahaan Anda, jangan terlalu cepat Anda melakukan perubahan pada Stationery Bisnis Anda. 

Ini juga merupakan rangkaian langkah dalam menetapkan Image Anda kedalam alam bawah sadar calon client Anda (Branding). Sering sekali saya menemukan sebuah perusahaan yang dalam waktu 1 tahun berubah warna / bentuk sehingga itu akan membingungkan para konsumen perusahaan Itu. 


3. LOGO 

Letakkanlah logo Anda, apapun Stationery bisnis Anda. Mintalah guide kepada Designer Anda jika memang Anda menggunakan Jasa Designer dalam membuat logo. Jangan hanya dalam bentuk hitam putih logo itu dibuat untuk dokumentasinya. Tapi mintalah juga transformasi logo dan warnanya jika itu memang diperlukan untuk kebutuhan Stationery bisnis Anda. 


4. SLOGAN 

Letakkankan Slogan pada Stationery Bisnis Anda. Buatlah Slogan yang cukup bisa mewakili dari semangat perusahaan Anda. Agar slogan tersebut dapat membantu membangun merk Anda dengan cepat. Ada beberapa slogan yang terus mengiang ditelinga saya, dan begitu slogan itu hadir maka saya segera tahu merk dibalik slogan itu 


5. INFORMASI KONTAK 

Ada beberapa kartu nama didompet saya yang tidak menjelaskan informasi kontak perusahaannya. Entah memang dia sengaja melakukannya atau memang tidak sengaja. Tapi menurut saya ini memang sangat penting dalam membangun sebuah Stationery Bisnis. Adapun beberapa informasi kontak jika saya hubungi ssangat sulit sekali. Maka fikirkanlah dengan baik untuk tips yang kelima ini. 



6. NAMA DOMAIN 

Jika kita melihat apapun bentuk Stationery Bisnis milik perusahaan orang, maka kita selalu berharap disana terdapat informasi alamat Website perusahaan tersebut sebelum menelponnya. Maka ini sudah menjadi kebiasaan yang memang jika kita ingin membuat sebuah Stationery bisnis harus menurut sertakan alamat Website atau Domain Anda. Berikan informasi yang sesuai pada website Anda, agar tidak membuat bingung para calon client Anda. 


7. TYPE FONT / HURUF 

Dalam menggunakan Font untuk pembuatan Stationery Bisnis, jangan terlalu banyak. Ini akan mengganggu orang yang akan melihat Stationery Bisnis Anda. Konsumen akan mencari sebuah font yang mudah dibaca pada saat pertama kali. Maka rencanakanlah dengan benar. 




8. WARNA 

Warna merupakan alat yang sakti dalam menanamkan image kepada calon konsumen Anda. Jadi buatlah warna yang semenarik mungkin untuk Stationery Bisnis Perusahaan Anda. Jangan asal merah, karena merah sudah sangat banyak yang menggunakan. Berikan campuran warna pada merah Anda sehingga menjadi warna merah yang lain dari lainnya. 

9. RUANG PUTIH 

Saya sering sekali membahas untuk permasalahan yang satu ini. Ketika sebuah Statinery Bisnis sangat padat dalam menyajikan Informasi, maka ini akan menjadi resiko yang tinggi untuk ditinggalkan. Jangan takut memberikan ruang putih pada Design Stationery Bisnis Anda. Ruang putih tercipta agar dapat menekankan sesuatu yang akan terdapat pada Stationery Design Anda. 


10. PERCETAKAN 

Ini juga merupakan salah satu faktor penting dari penentu keberhasilan Stationery Bisnis Anda. Dimana satu konsistensi warna seharusnya dapat dijaga oleh percetakan dalam membuat semua kebutuhan Stationery Bisnis Anda. Sering kita melihat sebuah Design yang sangat matang tapi memiliki hasil cetak yang buruk. Dan itu akan berdampak pada semua aspek pada Stationery Bisnis Anda sendiri. 


Nah semoga tips dari saya dapat membantu Anda dalam membuat Stationery Bisnis Perusahaan Anda. Buatlah semenarik mungkin dan mudah cepat dikenali agar calon Client Anda bisa cepat mengetahui. Semakin cepat mereka mengetahui maka kita akan memiliki posisi yang baik dimata Client kita. Jika sudah begitu bersiaplah untuk selalu memperbaiki kualitas dari produk Anda. 





Salam Kreatif, 



@rie fabian - 








Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.