Iklan :

10 September 2012

Sosial Media Bersilahturahmi


Peran sosial media memang banyak membantu saya dalam menjalankan dunia usaha yang saya jalani. Bukan hanya saja untuk berjualan tapi bersosialisasi dengan kawan - kawan saya. Indahnya bersahabat pada saat sekarang ini. Jika kita dulu bisa meluangkan waktu untuk berbincang dengan sahabat - sahabat kita, sekarang mulai terasa waktu sudah semakin berkurang. Terbayang sekarang sudah tidak 24 jam lagi dalam satu hari. 

Bukan hanya kesibukan saya sendiri, melainkan kesibukan mereka. Dan perlahan kita memang harus bisa mengerti akan menghargai waktu sahabat - sahabat kita. Dari jaman kita bisa ngumpul bersama, intens sehari 5 hari, sekarang masing - masing sudah memiliki keluarga. Waktu sudah terbagi, balum lagi mereka harus bertanggung jawab atas kerjaan yang mereka jalani, itu sudah terbagi kembali.

Karena jika sudah berkeluarga, beban tanggung jawab sudah sangat banyak. Dulu saya ingat kita masih bisa jams session (musik) pada hari libur kerja, sekarang sudah menjadi impian semata, kalaupun ada itu akan menjadi kesempatan yang sangat langka sekali. 

Pada saat muda kita pernah membayangkan hal ini, dan sangat idealisnya kita masih bisa berbicara sahabat lebih penting dari cinta. Tapi akhirnya semua memang harus bisa mengerti, kalau ini bukan hanya masalah cinta, melainkan tanggung jawab. 

Jika dahulu kita bisa bilang betapa pentingnya waktu berbincang bersama, membicarakan musik, membicarakan seni, membicarakan kemajuan jaman, sekarang semua itu tinggal harapan. Harapan itu bukan tidak ada, melainkan langka. 

Tapi kini peran sosial media mulai bisa menjawab masalah - masalah itu. Sekarang kita bisa berbincang bersepuluh sekaligus dalam waktu yang sama dan dalam tempat yang berbeda. Semua memang bisa dibuat positif, walau berimbang dengan negatifnya. 

Saya tidak peduli apapun yang jadi dampaknya, menurut saya sosial media memang sudah saatnya berbicara. Sosial media bisa bermanfaat selama kita bisa membuat itu menjadi bermanfaat. Kalau kita selalu berbicara tentang negatifnya saja, maka semua sudah pasti memiliki sisi negatifnya. 

Kini saya bisa bersahabat lagi dengan kawan - kawan lama saya, kawan - kawan baru saya, dan kawan - kawan maya saya. Semua bisa berjalan beriringan dengan berkomunikasi lewat sosial media. 

Sosial media bisa membuat yang jauh menjadi dekat atau yang dekat menjadi jauh, semua tinggal terserah kita menggunakannya. Yang jelas saya suka membuat yang jauh menjadi dekat. Karena jauh dekat sekarang sudah beda ongkosnya. 

Kota - kota besar kini semakin sibuk tak terkecuali kota dimana saya tinggal, Tangerang. Aktifitas manusianya sudah semakin heptic. Kalau dulu saya bisa menempuh waktu selama 15 menit untuk berjalan ke daerah BSD, sekarang area serpong sudah sepadat Jakarta. 

Untuk Freelancer design dan produksi seperti saya, waktu mengikuti client. Jadi saya hampir bisa dikatakan jarang memiliki waktu kosong, kecuali hari minggu. Itupun sudah mulai saya sering gunakan untuk keluarga jika mana memang keluarga membutuhkan. 

Jadi terbayang susahnya memilih waktu untuk kawan - kawan saya. Jadi jika sudah begini, sosial media menjadi sangat berguna untuk berkomunikasi dengan kawan - kawan saya. 

Yah semua memang tinggal dinikmati saja. Tidak ada yang perlu berubah dan dirubah. Jaman memang semakin berkembang dan kita pun berkembang. Sekarang tinggal kita bisa lebih bijak menilai sebuah persahabatan bukan dari sudut pandang ego kita sendiri. Kita sudah bukan dulu, dan sekarang adalah sekarang. 

Yang jelas sekarang, sudah ada Istri yang ingin melihat kita pulang kerumah dengan senyuman yang manis, bahkan sebagian sudah ada anak kecil yang selalu berteriak dengan kata "Bapak" disetiap dia melihat kita sesampainya dirumah. 

Mudah - mudahan sosial media bisa dijadikan pengganti silahturahmi yang kurang diantara kita. Dengan tidak selalu membicarakan kekurangan dari sahabat - sahabat kita sendiri. Bisa saling menyemangati walau itu hanya lewat sebaris  kata - kata. 

Sukses buat kawan - kawan saya yang sudah membaca isi postingan saya ini. 







Salam Kreatif, 



@rie fabian - 






4 comments:

  1. dengan sosial media bisa tau kabar teman2 yang sudah 10 tahun tidak jumpa

    BalasHapus
  2. Benar sekali ..

    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus
  3. dan karena media sosial pula,gue bisa kenal dengan Arie Fabian yang super kreatif.. :D

    BalasHapus
  4. sama - sama kang Yos ..
    Berkat sosial media juga saya bisa mengenal kang Yoswa yang sangat luar biasa.

    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.