Iklan :

24 Juli 2012

Adobe Ilutrator Vs Corel Draw


Hari gini, masih aja cari kelemahan masing - masing software ? 

Udah gak jaman kaleeee. Kalau opini saya pribadi mau pakai apapun softwarenya yang penting hasil akhirnya. Bahkan pakai hand drawing sekalipun kalau memang hasilnya baik, pasti tetap baik. 

Tapi buat mengobati rasa penasaran, saya bahas sedikit deh tentang dua perbedaan dari software ini. 




Saya memang pengguna Adobe Ilustrator dan jarang sekali menggunakan Corel Draw untuk pembuatan design saya. Tapi dengan demikian saya juga tidak akan bicara bahwa corel lebih jelek dari pada ilustrator. Semua hanya berdasarkan kenyamanan dalam bekerja saja. 

Berdasarkan kenyamanan saya bekerja saya lebih memilih Adobe Ilustator sebagai software untuk membuat gambar berbasis vektor. Karena saya sangat sering sekali menggunakan Adobe Photoshop. Hubungannya antra Adobe Ilustrator dan Photoshop adalah sama- sama memiliki cara kerja yang sama. 

Jika saya bicara kenyamanan adalah sebuah kenyamanan dalam menggunakan tools yang berada didalam software pengolah grafis tersebut. 

Tools antara Photoshop dan Ilutrator memiliki banyak kesamaan. Dan juga jika kita bekerja dalam dua software, maka saya bisa dengan mudah memindahkan dari Ilustrator ke Photoshop dengan cara men drag gambar dari satu software ke software lainnya (Photoshop ke Ilustrator). 

Lalu bagaimana dengan Corel Draw ? 

Pada dasarnya prinsip kerja kedua software ini memang sama, yaitu sama - sama software pembuat Vektor untuk gambar. Jika masih bingung tentang vektor, maka Anda bisa membacanya di halaman sebelumnya, khususnya pada bahasan visual grafis diblog saya. 

Corel memiliki kelebihan pada efek yang lebih banyak. Jujur walaupun Ilustrator juga banyak tapi saya jarang sekali menggunakan efek pada ilustrator, karena biasanya saya lakukan pada software Photoshop saya. 

Software pencipta file berekstension cdr ini memang cukup legendaris. Dan juga secara perkembangan Software ini (Corel draw) cukup mengikuti perkembangan Jaman. Terakhir saya menggunakan software ini masih pada versi 13, entah sekarang sudah versi berapa, saya kurang mengikuti. 

Jadi seharusnya untuk sebuah industri dibidang grafis sudah tidak penting lagi harus menguasai : Ilustrator, corel draw, freehand, dll. Cukup satu software Bitmap (Photoshop) dan Software Vektor (Ilustrator atau Corel Draw). 

Oh iya, satu hal lagi, jika Anda berencana akan menggunakan software 3 Dimensi, maka saran saya sih menggunakan Adobe Ilutrator, karena dengan ekstension Ai itu dapat dibaca oleh kebanyakan software 3 Dimensi, tidak seperti file berekstension cdr yang dihasilkan oleh Corel Draw. 

File dari corel bisa dibuka di Ilustrator, begitupun sebaliknya. Jadi tidak masalah apapun software Anda pada saat ini, yang paling penting adalah hasil akhir yang Anda buat pada software yang Anda gunakan. 

Semua kembali lagi tergantung penggunanya, karena software bukan jaminan gambar Anda pasti akan bagus. Untuk Anda yang masih baru ingin mengetahui sekitaran dunia Design grafis, dan bingung mana yang akan Anda pilih, ada baiknya Anda mencoba dulu keduanya. 

Setelah mencoba keduanya, barulah Anda pertimbangkan, mana yang sangat membantu Anda dalam bekerja pada dunia Anda. 


Salam Kreatif, 



@rie fabian - 







2 comments:

  1. Pertamakali kenal aplikasi grafis, aku pake freehand, lalu beralih ke coreldraw. Sempat sebentar pake AI tapi krn kurang familiar aja sih makanya mentok di Cdr.

    Bener banget. Kekuatan utamanya adalah kita sendiri. Kreatifitas & inovasi senigrafis yg kita miliki merupakan penentu hasil akhir yg dahsyat

    BalasHapus
  2. Wah ada kang MT ...
    Terima kasih atas pengalamannya.


    @rie fabian -
    www.fabianstudio.biz

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.