Iklan :

23 April 2012

Sebuah Konsep Komunikasi Visual

Design Kemasan (Packaging)

Saya coba memperhatikan bagaimana dari turunan konsep sampai cara berkomunikasi dengan Costumernya ala Rinso. Kita sudah tahu bahwa Tengku Wisnu memang brand Ambasador dari Produk rinso. Pertama yang saya penasaran Kenapa Laki-Laki untuk pemutusan Brand Ambasador iklan dari produk Ibu-ibu ini ? 

Kalau menurut saya tengku Wisnu dipilih oleh Pihak Rinso dikarenakan pada saat itu namanya memang dikenang dihati ibu-ibu, berkat sinetron Cinta Fitri. Jadi mencoba menarik dari sisi itu makanya Rinso atau Agency dari kreatifnya mencoba mengambil chalenge tersebut.


Peran Visual Komunikasi yang terkerucut dapat membantu sebuah pemasaran. Kita melihat sebuah konsistensi dari satu tutup botol terbukti cukup untuk seluruh cucian. Elemen visual membantu kita memahami, betapa saktinya Rinso cair ini. 


Kita melihat disana betapa mereka (Rinso) peduli akan pakaian anda. Lagi-lagi ini adalah sebuah konsep yang dijelaskan melalui visual. Dan terus sambung-menyambung masih dalam satu kesatuan. 



Aha ... 

Bagaimana kita mengetahui itu adalah Si Sporty atau si Fruty, itu juga divisualisasikan oleh mereka dalam satu rangkaian visual yang menarik. 

Kita dapat melihat bahwa satu rangkaian promosi yang dilakukan oleh pihak rinso sangat membutuhkan visual yang baik. Untuk membuat satu persepsi bahwa Noda itu memiliki 6 jenis. Itu akan ditangkap dengan baik oleh para costumernya pada saat membeli. 

Forum yang dibangun dalam websitenya juga sangat terencana, mereka memberikan tips-tips yang baik, mereka menjelaskan bagaiman porduk mereka, kenapa produk mereka dan tanya jawab kepada pelanggannya. Ini jelas ada didalam ranah komunikasi namun tetap menggunakan visual sebagai eksekusinya. 

Sebuah visual yang bagus memang harus dapat mencapai akhir dari taget tujuan. Dimana membuat satu visual tidak hanya bagus melainkan dapat berbicara mewakili dari sang penyampai atau produk itu sendiri. Jika Anda salah dalam membuat implementasi dalam visual maka Anda akan mengalami Bottle Neck, dimana pesan itu tidak akan pernah sampai kepada yang anda tuju. 

Maka dari itu sebelum membuat visual, alangkah baiknya menciptakan rencana untuk siapa, kepada siapa dan untuk apa visual itu akan dibuat. Gambar yang bagus sekarang kita sudah dapat membuat dimana saja, tapi yang tematik tentu hanya beberapa studio gambar yang mengerti, kecuali itu adalah sebuah Agency yang besar. 

Untuk Anda yang usaha menengah dan belum banyak dalam menganggarkan biaya untuk pembuatan visual yang baik, maka Anda bisa mencari sebuah studio-studio design yang berdiri secara independen, karena dengan begitu Anda dapat menghemat budget promosi Anda dan juga dapat visual yang pastinya baik. 


Lalu, bagaimana dengan produk Anda ?? 





Salam kreatif, 



@rie fabian 






Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.