Iklan :

30 Maret 2012

Estetika Web Design

                             

Kita tahu pada saat sekarang website menjadi salah satu aktifitas  untuk rangkaian dari promosi penjualan.  Sudah banyak perusahaan yang melirik media ini untuk melakukan pendekatan kepada audience nya. Maka pada sudah saatnya kita harus aware kepada design dari sebuah website itu sendiri. 

Saya tidak akan berbicara detil dari program yang akan dibuat, akan tetapi saya akan mencoba berbicara dari aspek design dan kegunaannya. Menurut saya sebuah website yang baik dapat memenuhi beberapa hal dibawah :
  • Mudah dimengerti oleh Audience apa yang akan Anda Sajikan. 
  • Bukan sekedar gambar, tapi kita harus memikirkan estetika, karena jangan sampai Audience itu bingung pada saat pertama kali membuka halaman website kita. 
  • Mempunyai informasi yang menarik yang membuat Audince mau melanjutkan kepada halaman selanjutnya. 
  • Compatible terhadap tampilannya, mengingat sekarang orang membuka website dari berbagai macam media, tidak hanya dari PC melainkan dari HP, Tabs, dll.
Saya jadi teringat kembali ketika saya hadirkan acara Jerry aurum sharring pada suatu acara, dia membicarakan sedang merubah websitenya kembali kepada halaman staticnya. Pada saat itu Jerry aurum membuat website menggunakan Flash Animation, namun kenyataannya itu tidak support untuk dibuka di Handphone. Jadi bagus belum tentu bisa menjual bukan, akan tetapi kita harus bisa fleksible kepada calon Audience yang ingin kita tuju. 

Peran Estetika lagi-lagi mempunyai peranan penting dalam menyajikan sebuah halaman website. Dimana elemen garis, warna, tema design harus disesuaikan dengan maksud dari website itu sendiri. Jangan sampai Audience anda salah persepsi tentang produk yang akan Anda tawarkan karena melihat tema pada halaman pertama Anda yang tidak sinergi dengan Produk Anda. 

Saya pernah membuat design untuk website pada Fabian Studio, pada saat itu sebuah TK yang saya kerjakan. Pada design itu saya menawarkan keceriaan dengan tema yang agak kekanak-kanakan, walau dengan content yang tidak kekanak-kanakan. Saya hanya memberikan Ambience dari tematik pada halaman pertama agar Audience mereka dapat mengerti disaat pertama kali masuk kehalaman utama. 

Saya tidak mengerjakan websitenya, tapi hanya designya. Pada saat itu saya hanya menyerahkan kepada mereka PSD (file mentah designnya) nya saja. Setelah itu mereka melanjutkan dengan programmingnya. 

Hal penting lainnya adalah Jarak spasi tulisan dan ruang putih / ruang kosong dari halaman website. Kita bisa melihat betapa website Starbuck diatas memberikan banyak ruang putih untuk para Audience nya. Itu memberikan kelegaan mata dalam menikmati halaman pertamanya. 

                          

Coba kita lihat lagi halamannya Louis Vuitton diatas. Kita juga dapat melihat beberapa ruang kosong yang sengaja diadakan oleh designer untuk membuat nafas pada mata kita. 

Setelah ruang kosong, yang harus difikirkan adalah Navigasi. Jangan sampai pengunjung atau Audience kita tersesat didalam halaman kita. Ini standard sekali, mengingatkan saya pada masa kuliah di semester 4 yang mengajarkan saya untuk teknik Navigasi ini. Dimana Anda sekarang, bagaimana Anda akan kembali lagi kehalaman selanjutnya, dan bagaimana Anda mencari halaman yang Anda butuhkan, itu semua harus jelas layaknya kita berada didalam sebuah Mall yang besar. Maka kita akan bingung sekali tidak bisa menemukan sebuah outlet yang kita cari, karena tidak ada petunjuknya.

Lalu setelah Navigasi adalah typografi. Jenis huruf harus dibuat senyaman mungkin, hal-hal dasar seperti huruf sans serif dapat cepat melelahkan kita dalam membaca harus difikirkan secara matang. Agar Audience Anda tidak merasa lelah membaca sebuah informasi yang akan anda sampaikan. 

Warna dan besar huruf juga sebagai aspek penunjang bagi Audience Anda dalam membaca. Jadi fikirkanlah secara cermat. 

Ada beberapa refrensi halaman website yang saya suka : 

I Like Empty Space this site, cool.

It's So Creative 
Like a Apple Site Comment, Cool.

Inovative 

Great Concept
Salam Kreatif,


@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

9 comments:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  2. kebanyakan memakai hosting sendiri yak? tp yg penting itu user friendly lah, kan biar mudah di navigasinya, hehe

    BalasHapus
  3. Wah ini sebuah masukkan yang bagus buat referensi dalam berweb desain

    BalasHapus
  4. Om agung >> mari ...

    @rie fabian

    BalasHapus
  5. Jimmy >> Alhamdulillah jika dapat berguna buat teman-teman.


    @rie fabian

    BalasHapus
  6. @hosting >> Iya Navigasi memang sangat penting untuk kelangsungan hidup website kita.

    salam Kenal,

    @rie fabian

    BalasHapus
  7. jujur saya tdk bsa mnsain web tpi dlammmlih tmpilan yg pnting sesuai topik dan mdah dgunkan oleh visitor.

    BalasHapus
  8. Terima kasih sudah mau berkunjung keblog saya ..

    Salam kenal semua,
    @rie fabian

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.