Manual Brand Skype. |
Berdasarkan cerita kawan saya yang bekerja sebagai Graphic Designer Junior mendapatkan complain keras atas salah penempatan logo client nya pada pembuatan Brand activation untuk sebuah produk.
Ini sering dilupakan oleh designer dalam mengimplemntasikan logo clientnya. Yang mereka tahu sebuah komposisi itu bagus, tidak memikirkan do and dont dari logo clientnya itu sendiri.
Manual Brand Blackberry. |
Sebuah warna yang ditentukan oleh sebuah koorporasi pun sudah ditentukan dalam manual guide. Ini memang nampak sepele, namun jika kita langgar akan fatal akibatnya.
Ingat, logo dibuat atas persetujuan-persetujuan oleh pihak tertentu. Proses membuat logo pun bukan satu atau dua hari, maka sudah selayaknya kita memperlakukan logo tersebut dengan istimewa juga. Kita pernah mendengar proses pembuatan logo sama dengan proses kehamilan seseorang, selama 9 bulan.
Jika kita melakukan co. Branding, kerja sama dengan partner usaha kita, membuat event bersama dengan Partner kita, membuat satu rangkaian aktivasi bersama dengan partner kita, ada baiknya kita menanyakan terlebih dahulu bagaimana memperlakukan logo Perusahaan yang sedang bekerja sama dengan perusahaan kita, untuk menghindari masalah dikemudian hari.
Beberapa kasus ini memang sering terjadi, baik pada pembuatan Design Brand Activation, maupun pada kegiatan event. Daripada sesat dijalan mending bertanya bukan ?, setidaknya pepatah itu bisa kita gunakan untuk hal yang satu ini.
Salam kreatif,
@rie fabian
Share dengan kawan.
nanti saya juga mau ganti logo juga om hehe
BalasHapusmantab ...
Hapus@rie fabian