Iklan :

3 Januari 2012

Fungsi, Jenis dan Cara Membuat Design Backwall

Foto Property Fabian Studio 
Backwall sudah merupakan barang yang dianggap efisien untuk kebutuhan sebuah event / acara. Backwall sebuah background yang dibuat dengan menggunakan rangka yang terbuat dari besi dan diberikan visual dengan menggunakan material digital Printing. 

Apa yang terkadang menjadi kendala dalam membuat design sebuah backwall ?, saya akan coba menjabarkan sesuai dengan pengalaman yang pernah saya alami. 

Dalam membuat design backwall, pertama-tama kita harus tahu berapa ukuran dariu backwall itu sendiri, agar design yang kita buat memang pas untuk kebutuhan backwall itu sendiri. Backwall mempunyai 2 ukuran baku, ukuran pertama adalah 3 x 4 meter dan yang kedua adalah 4 x 4 meter. 

Itu dikarenakan fungsi dari backwall ini sendiri untuk digunakan pers confrence sebuah acara, atau sesi foto bersama, dll. 

Jadi dalam membuat design tentukan ukuran yang akan anda buat, sebagai tujuan anda membuat design. 

Lalu yang kedua adalah, anda harus melihat, gambar pada backwall terputus-putus menjadi 5 bagian, maka jika anda membuat sebuah design yang sangat penting fungsinya, jangan meletakkan pada bagian itu. Seperti sangat disarankan jangan meletakkan logo pada bagian itu, karena itu akan terputus dan tidak sempurna kelihatannya. Namun dalam keadaan tertentu kadang memang masih digunakan, ada baiknya tadi saya katakan jangan melakukan itu. 

Fabian Studio Foto.
Yang membuat Backwall ini menjadi kebutuhan, karena sifatnya yang knock down. Dimana selesai acara kita bisa memasukkannya kedalam tas yang sudah disediakan. Jika kita membuat acara yang simultan atau berkelanjutan, maka yang perlu kita lakukan hanya membuat satu backdrop. 

Backwall ini terdiri dari dua jenis juga, umum digunakan. Kedua jenis itu adalah Backwall Curve dan Straight. Dimana itu hanya terdapat perbedaan pada tampak depan. Jika curve itu akan terlihat melengkung jika dilihat dari depan, straight seperti foto yang saya berikan diatas. 

Contoh Gambar Backwall Curve, Google Image

Lalu perlu diperhatikan juga dalam membuat design, visual untuk backdrop diproduksi / print menggunakan mesin jenis apa. Banyaknya jenis mesin digital printing pada saat sekarang sangat mengganggu kualitas jika kita tidak pintar dalam memilihnya, dimana patokan orang-orang produksi dapat menyajikan harga yang murah, selebihnya jadi tidak penting kembali. 

Kita memang harus memerhatikan jenis mesin dari digital printing itu sendiri. Jika menggunakan kelas mesin china, gelapkan design anda dari yang anda inginkan. Saya sering menemukan jatuhnya pada mesin china ini banyak permasalahan pada tintanya, dan sangat mempengaruhi hasilnya. 

Untuk beberapa kasus kita memang harus mengerti berapa penurunan warna dari yang kita harapkan. Jangan juga berbicara kita menyamakan apa yang kita lihat dikertas, karena beda media akan mendapatkan hasil yang beda. 

Maka dari itu ada beberapa client yang memang saya tanyakan terlebih dahulu, selain logo mana warna yang bisa dikalahkan, dan saya biasanya mentargetkan pada bagian background atau salah satu elemen dari design itu sendiri, selain logo dan Coorporate colour. 

Jika anda memesan Backwall anda harus mendapatkan 2 lampu dan tas untuk menyimpannya. Ada beberapa suplayer yang tidak memberikan lampunya, karena si konsumen tidak mengetahuinya. Namun lampu itu bukan tambahan, melainkan lampu itu bagian dari satu kesatuan sebuah backwall. 

Jadi kita bisa melihat beberapa point baik secara produksi maupun designya. Sebuah perencanaan menjadi penting adanya ketika anda ingin membicarakan hasil. Maka rencanakanlah dengan tepat apa yang akan anda inginkan. 


Salam kreatif, 


@rie fabian




7 comments:

  1. Wah.
    Designnya keren-keren. Itu hasil dari studio mu ya.

    BalasHapus
  2. Semua yang diportofolioku iya designku dan design fabian studio.
    Terima kasih yah atas apresiasinya.


    @rie fabian

    BalasHapus
  3. Kalau saya mau pesan ini bisa mas ???

    BalasHapus
  4. Jika ingin memesan silahkan hubungi Fabian studio

    Contact Person : 021 416 25 962
    atau kirim designya ke : ariefabian@gmail.com

    Salam Kenal mr/mrs Anonim ..
    @rie fabian

    BalasHapus
  5. thanks atas tips nya nich, jadi inget dulu jamannnya FIFA 2010 saya juga diminta untuk buat backdrop ukuran 25m panjangnya. sempe bingung mau buat pa. hehe

    BalasHapus
  6. Sama-sama Mbak Windi ..

    Salam Kreatif,
    @rie fabian

    BalasHapus
  7. terima kasih semoga menjadi inspirasi ide dalam berkreasi

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.