Iklan :

20 Desember 2011

Bahasa merupakan lambang kepribadian anda


Hati-hati bila berbicara, bahasa yang anda gunakan merupakan nilai dari diri anda sendiri. Kebanyakan orang menilai diri anda dari bahasa yang anda gunakan. 

Tampatkan bahasa anda kepada orang yang tepat. Biasakan menggunakan bahasa yang baik dalam beromunikasi dimana pun anda berada. Ini merupakan latihan anda dalam menggunakan dan mimilah milah bahasa yang akan anda gunakan.

Kita pernah mendengar pada jaman dahulu kala disaat Indonesia masih mempunyai banyak kerajaan, disaat itu kita bisa melihat satu kasta. Kasta ini akan mempengaruhi gaya bahasa untuk mereka berkomunikasi. Dan itu masih terus berkelanjutan sampai saat ini. 

Anda sedang bernegosiasi dengan orang menggunakan bahasa yang tidak pas untuk orang tersebut, itu akan merusak suasana kenyamanan terhadap orang yang menjadi lawan bicara kita. Bisa-bisa negosiasi anda tidak berujung pada clossing atau penjualan. 

Gunakan kata yang tepat untuk orang yang tepat. Atur bahasa yang anda gunakan menurut keperluan dimana anda berada. Banyak orang yang melalaikan hal ini, sehingga ia tersingkirkan dari pergaulan mereka. Tanpa sadar mereka selalu mencari sebuah kepantasan untuk dirinya dan tidak kunjung menemukannya. 

Mereka selalu berbicara tentang kepunyaan benda yang begitu teramat banyak, namun selalu tidak memperhatikan gaya bahasa yang mereka keluarkan kepada lawan bicaranya. Kita akan bisa membayangkan efeknya, yah benar sekali manusia yang seperti ini akan kita dapati diujung-ujung jalan dengan kesendiriannya. 

Maka dari itu menurut saya pribadi itu sangat penting dalam menjalani pergaulan kita sehari-hari pada saat dewasa ini. Modal bergaul itu bukan hanya harta, namun bahasa mempunyai peranan penting dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari. 

Mari gunakan bahasa yang baik dalam keseharian kita, sekedar belajar menata sebuah kata-kata yang pas untuk orang yang pas dikemudian hari nanti. 


Salam kreatif, 


@rie fabian 

2 comments:

  1. Wah, setuju gan, gak jarang orang yang ceplas ceplos biasanya kepribadiannya brutal, hehe sering gak mikir dalam bertindak

    BalasHapus
  2. he he he ...
    Iya saya sering melihatnya ..

    @rie fabian

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.