Iklan :

2 November 2011

Tak ada kalah menang dalam hidup ini


Hidup ini bukan perkara kompetisi saja, hidup ini harus bijak menyikapi. Bukan hanya kalah menang yang ditaruh kedalam mindset pikiran anda. Sebab jika hanya ada kalah dan menang saja maka anda akan terjebak kedalam masalah yang lebih dalam lagi. 

Kalah dan menang itu hanya merupakan symbol bagi sebuah kompetisi. Sebuah barometer yang diciptakan untuk berlomba dan meraih satu penghargaan. Penghargaan yang sesungguhnya ada pada diri kita sendiri.

Jangan selalu menanamkan perkara kalah dan menang saja. Bijaksanalah dalam menilai satu persoalan. Kita memang selalu diberikan contoh pada media televisi yang mengatakan si A memenangkan kasus perkara bla ... bla ... bla ... dan seterusnya. 

Jadi langsung saja mindset kita pasang kita harus menang. Perkara menang dan kalah hanya ada pada sebuah lomba, dan hidup bukan perlombaan. Hidup itu urusannya hanya kepada diri kita sendiri yang akan berdampak kepada orang lain. 

Jika kita hanya memikirkan menang dan enggan untuk menerima kekalahan maka kita akan menjadi orang yang sangat arogan dan diktator. Bijaklah sedikit, lihatlah sekitar dan berbuatlah untuk kebaikan bersama. 

Kita sudah dibuai oleh satu kompetisi dari hari ke hari. Kita selalu saja memperkaya diri sendiri dengan cara memenangkan sebuah kompetisi hidup. Semua hanya membuat kita senang sesaat, semua hanya membuat kita terbuai oleh bujuk rayu dunia yang tidak akan pernah berhenti. 

Lihat dan berkacalah diri, adakah perwujudan yang lain dari diri kita sendiri ?, pandang cermin itu selama anda berdiri dihadapannya. Maka kita dapat melihat satu ambisi yang dilukiskan oleh cermin tersebut. 

Bijaksana bukan kalah, bijaksana bukan pamrih dan bijaksana itu adalah mengerti hakikat kita turun kedunia ini. Jika kita melihat sebuah rasa yang dilahirkan kepada mulut kita sehingga mengeluarkan kalimat manis, asam, pahit, dll sesungguhnya itu hal yang sama yang dirasakan oleh orang lain. 

Jadi bila kita merasakan hal yang sama dengan orang lain apakah sama juga rasa lapar mereka dengan lapar kita ?, yah pasti sama lah bos. 

Jadi jika dikepala kita hanya menang dan kalah maka kita hanya melihat diri kita sendiri dalam dunia yang sungguh besar ini. Berbagi tidak membuat kita rugi, berbagi tidak membuat kita menjadi miskin dan berbagi tidak akan menjatuhkan kita kepada kekalahan. 

Karena dengan berbagi kita sudah menjalani kodrat kita sebagai manusia, yang selalu dikatakan oleh makhluk sosial. Maka jangan hanya menanamkan kata kalah dan menang dalam fikiran anda, tapi bijaksanalah kepada kehidupan yang memberikan kita rizki. 


Salam kreatifif,


@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.