Iklan :

6 November 2011

Liburan yang Kreatif


Pada Tahun 2000 seorang turis Belanda datang ke Bali, Indonesia. Pada saat itu pula dia mempunyai ide untuk membuka sebuah toko di Indonesia. Berawal dari terbesit sebuah ide dari Amazone.com dan perkembangan dunia Internet di Indonesia. 


Lalu ia mempelajari lebih dalam lagi apa yang bisa ia lakukan di Indonesia. Dan ia pun memutuskan untuk memperpanjang liburannya di Bali saat itu. Ia melihat banyak peluang yang bisa dilakukan di Indonesia dengan pangsa pasar dunia online yang tidak bisa dibilang sedikit. 

Ia akhirnya memutuskan untuk kembali ke Belanda. Beberapa tahun kemudian ia bertemu dengan Remco Hendrik Lupker, seorang perancang website di Belanda yang sangat handal mengurusi permasalahan e commerce. 

Waktu itu Remco berniat menjual domain yang dibuatnya yang diberi nama www.tokobagus.com. Meski sudah dibuat pada tahun 2003, situs tersebut tidak langsung digunakan, lantaran pasar online pada tahun itu belum terbentuk. 

Lalu ia mengadakan riset untuk pasar online pada tahun 2005 mulai marak dan berkembang, akhirnya ia mengajak Remco untuk berinvestasi bersama membangun toko bagus tersebut. Maka pada tahun 2005 www.tokobagus.com akhirnya berdiri. 

Pria asing asal Belanda tersebut adalah Arnold Sebastian egg. Arnold memang seorang pria kebangsaan Belanda. Arnold membuat toko bagus tersebut sebagai media bagi orang yang ingin menjual barang tersebut, tanpa ia ikut bertransaksi antara si A dan si B (konsumen). 

Ia tidak masuk dalam tempat B to B (bussines to bussines), tetapi penghasilannya dicari lewat sponsorship saja. Tahun 2007 ia mulai mempromosikan situsnya di media televisi dan radio, selain internet tentunya. Meski awalnya tidak menggembirakan kini toko bagus sudah sangat berkembang. 

Bahkan untuk mempermudah dalam layanannya Arnold memboyong semua karyawannya di Bali untuk berkantor di kota Jakarta. Alasannya mudah, agar lebih mudah berkoordinasi dengan mitra bisnis. 

Sampai saat ini Arnold terus mengembangkan toko bagus dengan maksimal. Satu kelebihan dari toko bagus ini mempunyai katagori dan kanal yang banyak untuk berjualan. Bahkan sekarang mereka sedang merencanakan membuat BB aplication agar dapat lebih mudah diakses. 

Kita bisa melihat sebuah peluang datang dari mananya. Embrio berfikir tentang konsep usahanya tercipta di Bali, walaupun itu bersangkut dengan seorang pembuat website dari Belanda. Namun saya terkadang menemukan hal yang demikian, ketika embrio tercetus maka jalan seperti dibuatkan oleh sang maha kuasa. 

Selanjutnya dalam pemikiran pengembangan dari Embrio ide tersebut kita akan ditemukan orang-orang pada saat masa setelah embrio itu terfikirkan. Karena begitu tersirat sebuah embrio ide muncul dibarengi dengan visual yang dibuatkan oleh otak didalam fikiran kita, pada saat itu seperti jalanpun dibukakan. 

Itu sudah merupakan Janji sang Maha Kuasa, dimana orang yang mau berusaha Tuhan akan mempermudah jalannya, nah mari kita selalu menanamkan hal yang positif dan kreatif dalam mindset kita agar peluang selalu datang kepada kita. 


Salam kreatif, 


@rie fabian 


Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. Kesuksesan berasal dari Imajinasi dan kemauan berusaha

    BalasHapus
  2. Benar sekali ... makanya kita memang harus pandai-pandai membuat visual pada imajinasi kita agar lebih jelas kemana akan langkah kita.

    Selamat Idul Adha ....

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.