Iklan :

2 Oktober 2011

Tekhnik Mencetak Intaglio

Tekhnik Cetak Intaglio merupakan sebuah tekhnik yang sangat unik digunakan pada percetakan. Pada tekhnik Intaglio prinsipnya adalah menggoreskan gambar pada permukaan. 

Biasanya plat tembaga atau seng dipakai sebagai master dan permukaan cetak dibentuk menggunakan tekhnik etsa, engraving, drypoint atau mezzotint. Untuk lebih jelasnya saya berikan panduan untuk pembuatan cetak menggunakan jenis Intaglio.


Etsa bisa disebut salah satu proses dari Intaglio. Berbeda dengan Engraving. Didalam etsa pembentukan bagian rendah dilakukan dengan korosi senyawa asam sementara engraving menggunkan alat-alat mekanik untuk mendapat efek yang sama. 

Intaglio Engraving merupakan cara untuk membuat uang pada republik kita ini. Intaglio ini merupakan cara yang digunakan oleh Peruri dengan menggunakan tekhnologi yang  canggih. Intaglio Engraving ini sebuah metode cetak yang sudah dikembangkan pada abad ke 15 yang kemungkinan besar itu ditemukan di negara Jerman. 

System Intaglio Engraving pertama kali digunakan oleh Martin Schougauer. Sementara Albrecht durer adalah salah satu seniman Intaglio yang terkenal. Pada abad 17 dan 18 Tekhnik ini mengalami masa keemasan. Tekhnik ini sering digunakan untuk mereproduksi gambar-gambar atau potret-potret. Banyak pula perangko-perangko yang bernilai tingi yang dicetak menggunakan teknik ini. 

Peruri satu-satunya percetakan uang di Negara kita. Peruri pada tahun 2000 mempunyai 5 jenia mesin berjenis Intaglio ini untuk mencetak Uang kertas kita. Mesin-mesin yang dimiliki oleh peruri itu salah satunya bernama super Intaglio. 


Mesin ini memang tidak beredar dipasaran dan dilarang oleh negara. Karena ini merupakan mesin pencetak uang, dan satu satunya yang bisa mencetak uang hanyalah perusahaan Peruri, sesuai yang diatur dengan undang-undang. 


Refrensi : 
http://en.wikipedia.org/wiki/Intaglio_(printmaking)
Youtube




Salam kreatif, 

@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.