Iklan :

30 Oktober 2011

Pengelompokkan Huruf Sesuai Anatominya


Seorang ahli Typografi mengelompokkan huruf-huruf cetak yang ada dalam 6 buah kelompok besar huruf cetak dapat dilihat dari kemiripannya. 

1. Huruf Roman 

Jenis huruf ini memiliki ciri ketebalan huruf yang tidak sama. Ada bagian yang dibuat lebih tebal, sedangkan bagian lainnya dibuat lebih tipis. Kita bisa melihat huruf Times New Roman, Tifany, Caslon, dll. 

2. Huruf Gothic 

Jenis huruf ini memiliki bagian-bagian yang sama tebalnya baik pada bagian yang lurus maupun lengkung, stroke maupun bar. 

Huruf dalam pengelompokkan gothic adalah : 
Avant garde Gothic, Bank Gothic, Copperplate, dll. 


3. Huruf Text 

Huruf Text adalah huruf yang memiliki ketebalan garis-garis yang ringan serta tidak memiliki wajah yang terlalu lebar. Sebagaimana nama kelompoknya, jenis huruf ini dipergunakan untuk body text. dari keseluruhan jenis typeface yang ada, jenis ini yang paling banyak kerena penggunaanya pun paling banyak dalam pekerjaan grafis maupun penerbitan. 

Contoh hurf pada text : 
Korinna, century, gillsans, humanist, dll. 

4. Huruf Block 

Huruf Block yang memiliki ketebalan stroke sangat mencolok. Biasanya dipergunakan untuk penulisan judul, sebagai huruf display, dan tidak tepat sebagai huruf text. Selain ketebalannya, jenis huruf sering kali menonjolkan sifat artistik dan unik. 

Contoh huruf ini : 
Arial, Botton, Eras, dll. 

5. Huruf Script

Jenis huruf ini diambil dari tulisan tangan manusia. Namun pada perkembangannya tidak semua type tulisan tangan termasuk script, kerena kelompok ini berkembangan secara luas menjadi freehand dengan berbagai macam coraknya. 

Contoh tulisan ini : 
Brush script, Amazone, staccato, dll. 

6. Huruf Italic

Jenis huruf Italic adalah huruf yang stroke nya tidak berdiri tegak, melainkan memiliki derajat kemiringan kekanan. Selain istilah Italic, didalam typografi juga dikenal dengan Obelique (Bahasa Perancis). 

Contoh pada huruf ini :
Eras demi, Tubular, Bazoka, dll. 



Sumber : 
Tipografi komputer untuk design grafis "Adi Kusrianto"
Kaskus
Oni Budiono 



Salam kreatif, 


@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

2 comments:

  1. Boleh di copy yah...
    ilmu yang bermanfaat
    hehehehehe
    makasih

    BalasHapus
  2. Silahkan dicopy dan disebarluaskan ....


    salam kreatif,

    @rie fabian

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.