Iklan :

27 Oktober 2011

Klasifikasi Huruf / Font Part I


Hampir 50.000 font lebih kini beredar dipasaran yang sering digunakan oleh para designer di dunia. Untuk memudahkan kita mengenal huruf tersebut kita bisa mengelompokkannya atau membuat klasifikasi font tersebut. 

A. Pengelompokkan Huruf Berdasarkan Kaitnya.

Pengelompokkan huruf yang paling utama adalah sesuai dengan ada tidaknya Counterstroke atau garis kait pada setiap ujungnya. Pengelompokkan ini memisahkan antara huruf Serif (berkait) dan Sans serif (tidak berkait). 

1. Huruf Serif 

Huruf Serif memiliki garis-garis kecil yang disebut Counterstroke pada ujung hampir semua letter. Garis-garis kecil itu posisinya berdiri Horizontal terhadap badan huruf. Huruf ini dikenal lebih legible dan readible karena garis-garis horizontal pada masing-masing kaki huruf itu membantu menuntun pandangan pembaca pada baris teks yang tengah dibacanya. 


Sejarah Times New Roman. 

Jadi untuk jenis ini huruf dapat mudah dibaca. Pada jenis ini Time Roman merupakan huruf yang paling sering kita dengar / kenal. Huruf Time Roman ini pertama kali diciptakan untuk koran "The Times Of London" pada tahun 1930 an. 

Lalu selanjutnya pada tahun itu huruf Time Roman sering digunakan untuk media masa / koran pada saat itu. Semenjak itu Time Roman dikenal sebagai tulisan yang mudah dibaca dan efisien. 

Lalu perkembangan dunia komputer semakin canggih, lahirlah windows yang mencetuskan huruf Times New Roman. Jadi inilah asal muasal dari tipe font Times New Roman. 

Bentuk Serf ada bermacam-macam, semua itu berkembang pada jaman yang berbeda. Oleh karenanya, ciri karakter serif dapat memperlihatkan era pembuatnya. 


1. Huruf Sans Serif 

Huruf Sans Serif adalah huruf yang tanpa serif (Garis kait), dimana dalam bahasa Perancis Sans itu tanpa. Jenis huruf ini muncul belakangan kira-kira diakhir abad 19 dan termasuk diantara karya para seniman modern. 

Huruf tanpa kait ini memiliki sifat yang streamline, Fungsional dan kontemporer. Diantara nama-nama huruf serif yang populer dari awal-awalnya adalah futura, avant garde, Arial, dsb. 



Pada perkembangannya huruf sans Serif ini semakin banyak dibuat walaupun jumlahnya tidak sebanyak huruf Serif. Alasannya, karena huruf yang tidak memiliki kait ini dirasakan kurang legibly dan readable jika dipasang pada baris-baris teks yang panjang. 

Huruf Sans Serif ini biasanya digunakan untuk Headline, Judul Bab, dan sebagainya. Fungsinya kebalikan dari huruf Serif. 

Selanjutnya akan membahas Klasifikasi huruf yang lainnya, terima kasih. 


Salam Kreatif, 


@rie fabian 


Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.