Iklan :

5 September 2011

Warna menurut Feng shui

Google Image
Inilah mengapa kita memang harus belajar sejarah, tata cara dan juga makna dari kebiasaan sebuah tradisi. Pada sebagian bangsa Cina memilih warna masih berdasarkan kepercayaan Feng Shui.  Kepercayaan Feng shui itu sendiri adalah  ... 

Feng Shui adalah sebuah topografi kuno tiongkok yang mempercayai bagaimana manusia dan surga (astronomi), dan bumi (geografi), hidup dalam harmoni untuk membantu memperbaiki hidup dengan menerima Qi positif.

Dalam feng shui, warna adalah getaran. Getaran itu selalu kita respon, secara sadar maupun tidak. Warna memengaruhi kenyamanan lingkungan dan mood. Warna yang kita kenakan sehari-hari memengaruhi pandangan orang lain terhadap kita. Berikut ini sejumlah karakter warna menurut feng shui:




Arti pada Warna Merah. 

Sifat merah memberikan Stimulasi dan dominan. Erat kaitannya dengan sifat hangat dan kemakmuran, tetapi juga menggambarkan kemarahan, malu dan kebencian. Untuk ruangan merah mengurangi ukuran, tapi memperbesar ukuran objek. Warna ini bagus sebagai aksen. 

Warna merah tidak cocok digunakan untuk : 
Ruang makan, kamar tidur anak-anak, dapur dan ruang kerja. 


Arti pada Warna Putih. 


Simbol awal baru, kemurnian dan kesucian. Kualitas positifnya, bersih dan segar. Sifat negatifnya, dingin dan tanpa kehidupan. 

Warna Putih cocok digunakan untuk : 
Kamar mandi dan dapur. 

Warna putih tidak cocok digunakan untuk : 
Kamar anak-anak da ruang makan. 


Arti pada Warna Cokelat 

Warna cokelat melambangkan stabilitas dan bobot. Sifat Positifnya adalah kestabilan dan keanggunan sifat negatifnya depresi dan penuaan. 

Warna cokelat cocok untuk : 
Kamar Kerja 

Warna Cokelat tidak cocok untuk : 
Kamar tidur. 


Arti pada Warna Kuning. 

Erat dengan pencerahan dan intelektualitas. Sifatnya menstimulasi otak dan membantu pencernaan. Sifat positifnya adalah optimisme, akal, dan ketegasan. Sifat negatifnya, berlebihan dan kekakuan.
Warna kuning cocok untuk : pintu masuk rumah dan dapur.
Warna Kuning tidak cocok untuk : ruang meditasi dan kamar mandi.


Arti pada Warna Hijau.

Simbol pertumbuhan, kesuburan, dan harmoni. Hijau adalah warna menenangkan dan menyegarkan. Sifat positifnya, optimisme, kebebasan, dan keseimbangan. Sifat negatifnya, iri hati dan kebohongan. 

Cocok: ruang terapi dan kamar mandi.
Tak cocok: ruang keluarga, ruang bermain, dan ruang belajar.


Arti pada Warna Biru.

Damai dan menyejukkan. Biru juga terkait dengan spiritualitas, kontemplasi, misteri, dan kesabaran. Asosiasi positifnya, rasa percaya dan stabilitas. Sifat negatifnya, curiga dan melankolis. Biru memberi kesan luas pada ruangan.
Cocok: ruang meditasi, ruang tidur, dan ruang terapi.
Tak cocok: ruang keluarga, ruang makan, dan ruang kerja.














Arti pada Warna Hitam.






Misterius dan independen adalah sifat hitam. Positifnya, daya tarik dan kekuatan. Sifat negatinya, kematian, kegelapan, dan kuasa jahat. 

Cocok: kamar remaja dan kamar tidur. 
Tak cocok: kamar kerja, kamar anak-anak, dan ruang keluarga


Sebagai pencipta kreatif apapun bentuknya, terkadang kita memang harus memahami budaya-budaya yang sudah tercipta jauh sebelum kita tercipta. Seperti yang saya bahas pada artikel sebelumnya, dimana disetiap negara mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda. 

Dari budaya yang berbeda-beda tersebut, maka sebuah perbedaan pada definisi warna juga akan berbeda dampaknya. Baca artikel saya tentang warna sebelum ini, bisa anda lakukan dengan menggunakan kolom search dengan keyword "warna". 

Saya harus mengetahui duduk masalahnya terlebih dahulu sebelum menyelesaikan masalah. Nah masalah yang saya alami selalu budaya, kebiasaan, beberapa paradigma nenek moyang, dll. Maka dari itu saya mengumpulkan artikel ini untuk saya review kembali pada saat saya lupa akan satu pembahasan. 


Salam kreatif, 



@rie fabian


Sumber :
http://datahardisk.blogspot.com/2010/10/arti-dari-warna-menurut-penjelasan-feng.html


0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.