Iklan :

23 September 2011

Popularitas ?


Ada apa dengan kata Popularitas yang semakin hari semakin ramai terdengar. Apa karena ini disebabkan oleh Bapak yang terhormat Presiden kita yang selalu dibilang pandai menjaga pencitraanya, atau ?, lalu apa yang dinamakan popularitas, image dan pencitraan tersebut ? 

"Image Is Power", Itulah pendapat pakar Marketing dunia Philip Kothler. Image, Pencitraan dan Popularitas adalah Jika Image itu productnya pencitraan itu movement dari productny dan pencitraan adalah hasil dari keberhasilan sebuah movement product.

Semuanya memang satu jenis dan satu rangkaian. Popularitas tidak akan dapat tercapai jika Pencitraannya tidak berjalan. Apakah ini tidak sengaja dilahirkan ?, jawabannya adalah tidak. Ini memang sengaja dilahirkan untuk membuat sebuah diferensiasi dari sebuah product ataupun dalam rangka mengikonisasikan sebuah produk. 

Salah satu contoh kita sering melihat Om Bob Sadino yang menggunakan celana pendek, menggunakan sepatu tanpa kaus kaki, menggunakan kemeja, kemanapun ia pergi. Bahkan pada saat kunjungan presidenpun beliau tetap menggunakan hal dan cara yang sama. Om yang sangat nyentrik yang mempunyai beberapa perusahaan di Negeri kita ini dan sering dipanggil untuk menjadi pembicara ini dan ini merupakan imagenya. 

Berjalan menggunakan seragam (celana Pendek dan kemejanya) merupakan satu hal dalam menjalankan satu ranagkaian dari pencitraan, self awarness to public. Proses mengenalkan diri dengan cara memberikan perbedaan yang selalu diingat oleh orang yang ditemukannya. Dan tidak sering juga kita melihat orang yang mengikuti gaya om Bob ini. Lalu dengan demikian om Bob menjadi popular dikalangan pengusaha atau calon pengusaha. 

Semangatnya selalu ditiru oleh banyak orang, dan juga cara berpakaiannya ditiru oleh banyak orang juga, baik kalangan tua maupun muda. Jadi Popularitas itu direncanakan dan disiasati. Bukan satu kebetulan semata yang membuat satu image itu terjadi sedemikian rupa.  Jadi inilah yang dinamakan popularitas yang dibuat untuk proses branding baik untuk product maupun personal Branding. 



Salam Kreatif, 


@rie fabian



Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.