Iklan :

30 September 2011

Asal Mula Donald Bebek


Anda sudah pasti tidak asing melihat karakter yang saya pajang diatas. Donald Bebek merupakan kartun keluaran dari walt Disney. Kebetulan sekali saya sangat suka dengan tokoh karakter yang satu ini. Disamping lucu, karakter ini mempunyai ciri khas yang unik, yaitu selalu terkena sial. Yuk kita simak artikel ini. 


Perkembangan awal.

Meskipun sebuah publikasi Disney yang bernama Mickey Mouse Annual pada tahun 1931 menyebutkan sebuah karakter bernama Donal Bebek, karakter ini muncul pertama kali di komik pada koran yang berdasarkan pada film pendek The Wise Little Hen dan dipublikasi tahun 1934, untuk beberapa tahun kemudian, Donal muncul dalam beberapa strip Disney, dan pada tahun 1936, dia telah berkembang menjadi salah satu karakter paling populer di komik strip Silly Symphonies . Ted Osborne adalah penulis utama komik strip tersebut, bersama Al Taliaferro sebagai artisnya. Osborne dan Taliaferro juga memperkenalkan beberapa karakter pembantu Donal, termasuk keponakannya, Kwik, Kwek, dan Kwak.

Pada tahun 1937, sebuah penerbit Italia bernama Mondadori membuat cerita pertama Donal Bebek dalam bentuk buku komik. Cerita 18 halaman yang dibuat oleh Federico Pedrocchi adalah cerita pertama yang mengisahkan Donal sebagai petualang, bukan sebagai pelawak. Perusahaan penerbit Fleetway di Inggris juga mulai mempublikasi buku komik Donal Bebek.

Donal dalam komik.

Saat kartun Donal menikmati popularitas tinggi di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, komik-komik Donal baik yang mingguan ataupun bulanan menikmati popularitas terhebatnya di banyak negara-negara Eropa, terutama Norwegia dan Finlandia, tapi juga Denmark, Jerman, Italia, Belanda, dan Swedia. Kebanyakan dari komik itu diproduksi oleh Perusahaan Disney cabang Italia di Italia dan oleh Perusahaan Disney Egmont di Denmark, Norwegia, Finlandia dan Swedia.

Menurut data tentang komik Disney di seluruh dunia, komik-komik Amerika, Italia dan Denmark disebar ke beberapa negara. Hampir diantara semua negara dibawah, publikasi komik Donal masih terus berlanjut: Australia, Amerika Serikat, Arab Saudi, Austria, Belgia, Belanda, Brazil, Bulgaria, Ceko, Denmark Kepulauan Faroe), Estonia, Finlandia, Guyana, Hungaria, India, Indonesia, Inggris, Islandia, Israel, Italia, Jerman, Kolombia, Latvia, Lithuania, Meksiko, Mesir, Norwegia, Perancis, Polandia, Portugis, Romania, Russia, Slovenia, Spain, Swedia, Thailand, Republik Rakyat Cina, Turki, Yunani, dan bekas Yugoslavia

Perkembangan dibawah Taliaferro.

Sebuah komik strip harian yang bernama Donald Duck yang digambar oleh Taliaferro dan cerita ditulis oleh Bob Karp mulai muncul di Amerika Serikat pada tanggal 2 Februari 1938. Taliaferro dan Karp membuat lebih banyak karakter untuk Dunia Donal Bebek. Anjing St. Bernard bernama Lubas, dan keluarganya termasuk sepupunya Agus Angsa dan Nenek Bebek. Juga munculnya pacar dari Donal, Desi Bebek. Taliaferro juga memberi Donal sebuah mobil, yaitu mobilnya yang berwarna merah berplat nomor 313 dengan jenis mobil Belchfire Runabout tahun 1934, pada sebuah cerita di tahun 1938.


Salam kreatif, 


@rie fabian 

Reaksi Tulisan :

2 comments:

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.