Iklan :

3 Agustus 2011

Sebuah Penilaian


Saya selalu percaya jika kita berdiri pada sebuah gedung yang tinggi pasti akan mendapatkan sebuah angin yang sangat kencang dari posisi terakhir kita berdiri.


Jangan mencari kebenaran dan mengklarifikasi sebuah kesalahan. Ingat intropeksi diri setiap hari kita lakukan menjadi hal yang sangat berguna bagi kehidupan kita. 

Jangan marah pada saat ditegur teman renungkan dimalam hari anda pada saat anda menjelang tidur apakah benar yang teman anda katakan kepada anda ? 

Jika benar akui kebenaran tersebut dan jika salah berfikir kembalilah atas dasar apa dia berbohong kepada anda. Satu kejujuran kadang pahit dan karena sangat pahitnya membuat kita tidak ingin merasakan kejujuran tersebut. 

Jadi percayalah dan selalu yakin anda adalah seorang manusia yang pasti akan melakukan kesalahan, jangan pernah lawan kodrat anda yang satu ini. 

Tegaskan sapaaan tersebut kemanakah dampak yang terparah yang rusak pada bagian akhlak kita. Dengan melakukan pembiaran dan bermasa bodoh terhadap apa yang dikatakan teman anda maka anda sedang merancang suatu pengrusakan yang besar untuk hidup anda sendiri.

Tidak ada alasan mereka akan berucap atau melakukan hal itu jika memang tidak ada sumber dan alasan yang masuk akal untuk dia melakukan itu kepada anda. Tapi terkadang kita tidak pernah sadar kalau apa yang kita perbuat, kita katakan, kita lakukan menyinggung perasaan dia. Kita sangat egois selalu minta dimengerti dari sudut kita sendiri tanpa memikirkan hal yang lain. 

Meminta pembelaan adalah salah satu sikap manusia yang tidak pernah mau mengintropeksi diri secara keseluruhan. karena dasarnya dia akan selalu meminta pembelaan dan pembenaran dengan cara menerangkan satu persepsi benar anda kepada orang yang anda minta melakukan pembenaran. 

Sadarlah, seberapa banyaknya uang anda tetap anda adalah manusia. Seberapa besar jabatan anda tetap saja anda adalah sebuah makhluk bukan sebuah zat, tetaplah berfikiran bahwa anda adalah diciptakan bukan menciptakan tetaplah dalam konsistensi bahwa anda adalah manusia biasa yang bisa khilaf dan harus meminta sebuah maaf untuk teman anda atas apa yang sudah anda lakukan. 

Kenapa kita selal melakukan pembelaan diri jika memang terjadi satu gesekan kepada makhluk yang lainnya ? kenapa anda tidak selalu berfikir dahulu bahwa mereka pun berprasaan dan mempunyai satu hak dimana yang dikatakan adalah Hak Azazi Manusia. 

Ingat tidak selamanya anda bisa mempunyai posisi bagus dan posisi yang enak untuk memberikan perintah. Ingat tidak selamanya harta anda dapat menyenangkan anda, dan ingat selalu kita ini hidup disebuah roda yang berbentuk bulat. 

Yakinkan selalu bahwa diatas langit mempunyai langit kembali, diatas hebat masih ada maha hebat diatas anda masih ada banyak yang lebih dari anda. 

Mari kita sama-sama intropeksi diri. 
Selamat berintropeksi diri, salam kreatif saya. 



@rie fabian.




Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.