Iklan :

1 Agustus 2011

Pantone kali ini untuk aplikasi visualnya

Postingan sebelumnya saya sudah membicarakan permasalahan Pantone dari sudut produksi kini mari membicarakan warna Pantone dari sudut visual atau design. 

Warna Pantone pada dewasa ini gemar digunakan untuk para designer. Apa sih warna Pantone itu sendiri ?

Pantone itu sistem warna yg dikeluarkan oleh pantone: www.pantone.com  warna ada 2 macam: warna spot dan warna process, spot itu warna yang sudah begitu jadinya, bukan campuran dari cyan, magenta, yellow, black. sedangkan warna process itu kan cmyk. nah keunggulan warna spot adalah: dia lebih stabil, kalo warna process ga stabil, kadang cyannya lah kelebihan, kadang yellownya, dll. dan warna spot biasanya juga lebih ‘keluar’



Pantone itu jadi terbagi dua jenis yaitu : 

1. Pantone Uncoated (U)
adalah merupakan buku pantone yang dicetak pada kertas uncoated atau kertas yang tidak ada lapisannya (coating) sebelum dicetak, sehingga daya serap dari kertas itu sangat tinggi. Contohnya adalah kertas HVS.
2. Pantone Coated (C)
adalah buku pantone yang dicetak pada kertas coated atau kertas yang dilapisi (coating) sebelum dicerak, sehingga daya serap kertas tersebut bisa sangat rendah sekali. Contoh adalah duplex, art paper, ivory dan sebagainya.
Warna dasar pantone ada 14, yaitu
  1. Pantone Yellow
  2. Pantone Yellow 012
  3. Pantone Orange
  4. Pantone Warm red
  5. Pantone Red 072
  6. Pantone Rubine
  7. Pantone Reflex Blue
  8. Pantone Blue
  9. Pantone Rhodamine
  10. Pantone Purple
  11. Pantone Violet
  12. Pantone Black
  13. Pantone Green
  14. Pantone Red 032


Nah jadi warna pantone ini menjadi alternatif lainnya bagi designer selain menggunakan warna RGB dan CMYK. Cuma harap dibaca juga postingan saya tentang produksi dengan menggunakan warna pantone agar bisa menjadi bahan pertimbangan dalam membuat sebuah design. 

Membuat approval atau mock up dengan menggunakan warna pantone ini sangat sulit karena tekhnologi Printer saat ini belum mendukung warna pantone. Jadi harap diwanti-wanti jika mendesign warna ini akan mempunyai kelemahan pada pembuatan mock up. 

Jenis-jenis pantone dengan pengartiannya adalah solid coated itu mengkilap, solid matte itu tidak mengkilap, pastel coated itu warna2 pastel dan mengkilap. tidak ada patokan, hanya tergantung skenario yang diinginkan oleh sang desainer. misalnya dia butuh untuk kasih kesan outstanding, modern & high tech, maka mungkin dia pilih yg coated, kalo butuh kesan feminin, mungkin dia pilih yg pastel.

Nah mari kita berkarya kembali dengan menggunakan warna pantone ini semoga bisa menjadi varian warna kamu agar lebih mantap lagi. 

Sumber : 
www.Pantone.com
http://kulitintacetak.com
www.Wikipedia.com


Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.