Iklan :

4 Agustus 2011

Evolusi Logo FedEx

Federal Expres merupakan Perusahaan penyedia Jasa Antar kirim sedunia. Logo ini telah berevolusi sebanyak 2 kali yang akhirnya logo terakhir dibuat oleh Landor Associates. 


Bagaimana Evolusinya, mari kita lihat selanjutnya.






Inilah evolusi dari logo FedEx ini yang berganti logo sebanyak 2 kali sampai saat ini.


Apa yang dibuat Landor hingga menuai sukses untuk sebuah Logo ini. Logo ini tersimpan sebuah symbol anak panah diantara font E dan X dalam bentuk negative space. 

Arti dari Panah tersebut menurut Landor Associate : 

Ternyata Lindon Leader sang designer yang menjabat sebagai Senior Design Director di Landor Associates itu sebelum mendisain logo tersebut sempat melakukan survey mengenai perilaku dan kondisi kerja di Federal Express...
dan ia menemukan bahwa karyawannya kurang memiliki motivasi dan kepemilikian atas perusahaan.... 
Dan ketika presentasi, ia menjelaskan arti simbol panah itu yakni arrow of movement and thinking, dimana ia menjelaskan bahwaperusahaan harus memiliki komitmen dalam pengiriman, yakni cepat sampai, dan juga panah melambangkan pemikiran postif bahwa perusahaan pasti akan maju (optimisme). Lindon Leader mendesak agar keberadaan simbol panah ini dipresentasikan kepada seluruh jajaran karyawan, agar setiap kali karyawan melihat logo ini, yang pertama kali terlihat adalah tanda panah itu. Optimisme dan komitmen ini yang akhirnya membawa perusahaan berkembang lebih pesat.

Uniknya, setiap kali kita pernah mengetahui bahwa ada simbol panah tersembunyi ini, selamanya kita melihat logo Fedex, pasti yang muncul adalah tanda panah, dan di latar adalah logotype fedex. Nah... sekarang coba kalo jalan2 n ada logo fedex, kalian lihat, pasti simbol panah itu langsung muncul dominan... asyik ya ?

Bahkan kini Fedex memiliki jaringan Office & Printing Service (seperti multiplus gitu lah) yang bernama FedEx Kinko's dan masih menggunakan simbol panah di logo barunya.

Nah jadi sebenarnya symbol dan keseriusan untuk merubah sebuah motivasi juga harus berbarengan. Jadi intinya jika memang pergantian logo tidak dibarengi dengan sebuah pergerakan yang bisa membawa peruabahan maka perubahan logo itu akan menghasilkan sia-sia. 



2 comments:

  1. Very good info. Lucky me I discovered your blog
    by chance (stumbleupon). I've book-marked it for later!
    Have a look at my homepage ... blood pressure

    BalasHapus

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.