Iklan :

31 Juli 2011

Ekspresi anak jaman sekarang


Jaman sekarang anak-anak kecil sudah sangat radikal dalam menunjukan ekspresinya. Kita pernah melihat seorang anak mencoret-coret dinding rumah kita dengan gambar yang merupakan hasil ekspresi dari mereka. Pertanda apakah ini ? apakah memang anak sekarang lebih imajiner dibandingkan anak yang terlahir ditahun 1970 an dengan segala tatanana aturan yang masih berlapis ? atau memang ini pertanda kendurnya sebuah legitimasi peraturan yang terbuat dalam satu rumah tangga sehingga sang anak sudah tidak dapat dikendalikan lagi ? 

mari kita lihat faktanya ...


Yah sebenarnya tidak ada terjadi apa-apa kondisinya tetap sama. Anak sekarang dengan anak yang terlahir pada jaman 1970 an tadi. 

Efek reformasi masih terbawa sampai ketatanan rumah tangga,  dimana kita sangat menghargai kebebasan dalam berpendapat kebebasan dalam berkreasi. Sebuah undang-undang perlindungan anak, melindungi anak untuk  membuat satu ekspresi kini dilindungi oleh hukum,  sehingga perlakuan orang tua sekarang lebih membebaskan anaknya dalam berkreasi. 

Tinggal sekarang tugasnya orang tua adalah membimbing mereka kejalan yang benar,  yaitu jalan yang mereka gemari untuk menjadikan satu bekal bagi mereka kelak dimasa remajanya. Jangan lihat mencoret-coret dindingnya saja,  tapi lihat apa yang mereka bisa kerjakan pada dinding anda, lihat dan rasakan ekspresinya. 

Satu sanggar yang didirikan adik ipar saya dibilangan Pamulang ini,  salah satunya adalah membaca talenta dari sang anak. "Talenta sang anak memang harus dibidik secara akurat agar kita dapat mengetahui kemana bakat sang anak ini berlabuh" Kata pendiri sekaligus pengajar pada sanggar peri kecil ini. 

Nah maka dari itu tugas orang tua sekarang bertambah yaitu membimbing anak kepada jalan yang mereka mulai tunjukan lewat kreatifitas-kreatifitasnya. Lalu apakah seorang anak yang hobi menggambar di dinding itu memang mempunyai bakat menggambar ? "belum tentu" jawab Ibu Winnia ini. 

Anak yang suka mengguratkan pensilnya atau krayonya pada media tembok rumah anda,  bukan selalu diartikan sebagai si anak mempunyai talenta dalam bidang menggambar. Satu anak yang hyperaktif jaman sekarang harus benar-benar dilihat karena mempunyai kebiasaan yang sangat imajiner dan pandai meniru sebuah tayangan-tanyangan visual yang mereka lihat pada media televisi. 

Jadi bilamana dia melihat tayangan sebuah media akan sosok,  lalu diimplementasikan kepada tembok anda,  itu bukan ekspresi dari talenta menggambarnya, jelas Ibu winnia. Jadi memang ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan secara mendalam dan serius untuk membidik talenta anak secara akurat. 

Jangan marahi ekspresi mereka,  dukung dan beri pengetahuan kepada mereka sedari dini tentang beberapa hal yang mereka harus lakukan pada masanya. Dengan begitu kita mampu membiarkan mereka berekspresi dan berimajinasi sesuai dengan umur yang mereka miliki. Satu pengekangan ekspresi untuk mereka hanya akan menghasilkan ketidak beranian mereka  dalam mengambil keputusan.  Karena takut salah seperti yang dia terima didikannya dari rumah mereka. 

Masa itu memang saatnya mereka mengenal banyak ornamen dunia,  mulai dari yang kecil sampai yang sebesar bintang diangkasa. Tugas kita hanya memberikan mereka edukasi dan membiarkan mereka tumbuh secara alamiah dengan bantuan edukasi dari kita (sang orang tua). 

Selamat mengarahkan anak anda. 

Sanggar Kreatifitas anak Pelangi 
music, Tari, gambar dan menyanyi 



Winnia Ciptaningrum 
Director 
Ph. 0817426353
Pamulang ciputat, Tangerang Selatan.

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.