Iklan :

9 Juli 2010

Ingin Usaha Apa Yah ???

Ketika saya mendapatkan pertanyaan itu dari seorang teman di Kota Garut saya menjawab banyak.Usaha sekarang susah mas ...... Mau usaha ini udah ada, mau usaha itu sudah ada, mau usaha ono udah ada, dst.


Yah kalau mau buka usaha yang belum ada cuma ada 2 solusi. Pertama anda pergi ketempat yang sangat primitif sekali dan yang kedua anda usaha yang ilegal sekali. Tapi pasti bukan itu usaha yang anda maksudkan. Memang sekarang di Indonesia, di tanah jawa khususnya sedang demam berusaha. Banyak motivator - motivator " memprovokasi " fikiran untuk berwira usaha sendiri. Mereka terus "mendoktrin" anda untuk segera bermandiri. Bagus tandanya, jika demikian bangsa ini lambat laun akan menjadi bangsa yang mandiri. Namun harus disadari dan dipahami benar dalam membuka usaha tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan anda. Siap Mental, Menderita dan Siap berinovasi ( Karena makin banyaknya orang usaha mengakibatkan kita harus selalu tampil UNIK di depan calon pelanggan ).
Membuka usaha perkara mudah, apalagi anda mempunyai materi yang sangat berlebih, tentu bukan masalah. Namun mempertahankan usahalah yang sangat sulit. Ingat Roma tidak dibangun dalam waktu sehari. Lalu bagaimana memilih jenis usaha anda ?


Pertama - tama anda harus menyukai jenis usaha yang anda ingin buat. Jika diawali dengan hobi atau kegemaran anda hampir bisa dipastikan anda akan serius menjalaninya.

Kedua, anda harus jeli membaca peluang dari hobi anda. Kepada siapa anda akan menjual hobi anda tersebut. Testing pasar dengan show up hobi anda, jika perlu berikan gratis produk dari hobi anda kekalangan terdekat dahulu, Jika kalangan terdekat menyukainya coba kelingkaran terjauh dari anda.

Ketiga, Buat Uniqe produk anda. Risetlah kepasaran siapa kompetitor anda. Apa kelebihan dari kompetitor anda. Kumpulkan dari produk - produk yang sejenis dengan anda. Buatlah perbedaan untuk produk anda dari produk - produk yang ada dipasaran.

Keempat, Siapkan dana untuk promosi. Pada point ini banyak yang menganggap ini tidak penting. Padahal ini bukan optional kembali usaha pada zaman edan ini. Malah kalau bisa dibilang siapkan extra budget agar membuat start anda lebih mudah. Namun difikirkan pula jenis promosi yang anda akan ambil.

Kelima, Langsung deh launching produk anda.

Harap diingat, untung dan rugi dalam berusaha itu hal biasa, Naik dan turun motivasi menjadi kewajaran. Terus berjuang dan belajar dari pengalaman. Banyak membaca buku biografi pengusaha - pengusaha agar anda bisa kuat menghadapi terpaan cobaan. Siapkan sabuk pengaman anda, karena anda akan terguncang keras.

Selamat mencoba ......




@rie Fabian Experience .

Reaksi Tulisan :

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.