Iklan :

29 Juni 2010

Design Kartu nama

Seorang teman datang kepada saya dan berbicara "mas tolong buatkan design untuk kartu nama saya ? " dalam hati saya bertanya - tanya ..... ????

Saya mencoba menjelaskan dengan perlahan dengan maksud tidak mau menyinggung perasaan seorang teman. Mas, design kartu nama itu agak aneh buat saya. Sekarang saya mau liat inline dari logonya dulu.

" In Line ??? "

Pernakah anda membayangkan betapa sulitnya membuat satu identitas usaha yang kita buat. Bukan masalah kecil yang dibesar - besarkan, tapi ini memang masalah besar.
Sebuah logo akan menghasilkan inline ( turunan ) untuk stationery designnya. yang akan membuat satu identitas kepada jenis usaha anda. Sebuah logo yang tidak bisa membuahkan turunan yang baik kepada tatanan identitas usahanya akan menghasilkan logo yang sia - sia ( tidak konsisten ). Logo menjadi receptionist ( penerima tamu ) diluar jalan pada saat audience melihat kearah toko anda. Ketika logo anda sudah familiar di benak audience anda tiba - tiba kartu nama anda tidak bisa mengkomunikasikannya sampai sana. Ini bahaya mas "
Jadi semua harus tetap konsisten agar lebih cepat audience mengingat logo kita.
Ingat sebuah pesan yang terus diulang menghasilkan satu ingatan yang sangat kuat, disini kuantitas sangat diperlukan.

Sah - sah saja bila sebuah kartu nama menjauhi inline logo, namun tetap posisioning logo tetap tidak akan berubah sesuai dengan guide yang sudah dibangun oleh sang designer. " Saya pernah lihat kartu nama perusahaan X ( Makanan ) berubah - ubah ". Tanya teman saya.
" Ya, Bisa saja". Jawab saya.

Tapi perlu dilihat, Logo dari perusahaan X itu tidak pernah bergeser. Kalaupun berubah itu karena dia sedang memberikan materi promo kedalam kartu namanya dia.
Sekedar bertujuan untuk promosi produk dia, dan itu sah - sah saja.
Dan kalau mau dilihat detail ada beberapa Ornament yang gak berubah misalnya : Warna, garis, dan posisi logo, pasti tetap ada yang konsisten.

Yah itulah sekitar informasi yang bisa saya bagi kepada anda.


Arie fabian Experience

0 comments:

Posting Komentar

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.