Perlunya strategi dalam membangun sebuah Brand diawali dengan niat dan keseriusan dari sang pemilik usaha. Banyak sebuah usaha yang terkadang melalaikan faktor ini. 

Kalau dilihat dari kaca mata marketing terkadang membangun kesadaran dari sebuah Brand ini hanya memikirkan profit semata. Jauh dari itu semua itu, bagian yang terpenting adalah membuat brand tersebut dapat dikenal, disayang, dan dicari oleh khalayak ramai. Maka dari itu pentingnya peranan Brand dalam membantu membangun kesadaran publik.Adapun beberapa faktor yang memepunyai peranan penting adalah :


1. Pemilihan media ( Media Placement )
2. Membangun komunikasi publik
3. Merasa bangga kepada Brand yang telah kita ciptakan
4. Melakukannya terus menerus ( Quantity )


Pemilihan media menjadi unsur yang sangat penting dalam menentukan proses aktivasi dari Brand anda sendiri. Sering kita terjebak oleh satu media dan menganggap efisien tapi ketika kita sadar awarness tidak terbangun dan saat itu pula kita sudah kehabisan energi untuk berpindah kelain media. Sangat perlu diperhatikan bahwa pemilihan media yang tepat sangat efisien dalam membangun sebuah Brand.

Membangun Komunikasi publik, Media yang telah mengaktifasi brand anda harus dibarengi dengan komunikasi berupa aktifasi - aktifasi diluar media agar cepat terserap dan masuk kedalam publik. Sebuah media menyampaikan secara keseluruhan dan dibarengi dengan program - program aktifasi Brand untuk menyentuh titik detail.

Semua itu harus dibarengi dengan rasa bangga yang kita ciptakan kepada Brand kita agar semua karyawan, teman terdekat dan orang lain merasakan kebanggaan dari anda.

Lakukanlah itu berulang kali dan evaluasi beberapa strategi yang efektif dan tidak efektif dengan begitu kita dapat menjaga eksistensi dari Brand kita sendiri.


Salam Kreatif, 



@rie fabian